Tiga PNS Pinrang Positif AIDS
Tanggal: Wednesday, 16 November 2011
Topik: Narkoba


Ujungpandang Ekspres, 16 November 2011

PINRANG - Dalam tiga tahun terakhir, jumlah penderita Human Immunodeficiency (HIV) Virus Cquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS), yang dinyatakan positif di Kabupaten Pinrang, terus mengalami peningkatan drastis.

Bahkan, dalam tahun ini saja, dari angka 17 penderita positif HIV AIDS, bertambah menjadi 30 orang. Jumlah penderita HIV/AIDS di Pinrang, masih didominasi pengguna narkoba jenis jarum suntik.

Dan dari 30 penderita positif HIV/AIDS yang berhasil didata Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Daerah Kabupaten Pinrang, tiga diantaranya adalah aparatur pegawai negeri sipil (PNS) dalam lingkup Pemkab Pinrang.

Hal ini dikemukakan Pelaksana Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Pinrang, Andi Bahtiar, kepada kepada Upeks. Dia mengatakan, pada 2010 lalu, jumlah yang terdata sebanyak mencapai 17 orang warga. Lima diantaranya meninggal dunia.

"Peningkatan jumlah orang dengan HIV/AIDS (Odha)di Kabupaten Pinrang, semakin mengkhawatirkan. Kenaikannya nyaris 50 persen dari angka. Namun jumlah yang terdata jauh lebih sedikit dari jumlah yang sesungguhnya. Kesadaran masyarakat Pinrang terhadap bahaya HIV/AIDS masih rendah," paparnya.

Dan dari 30 Odha yang berhasil didata KPA Pinrang, hanya 19 diantaranya yang bersedia mendapat pendampingan atau konseling. Kendati hingga kini, belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit penyerang ketahanan daya tubuh tersebut.

Namun kata Andi Bahtiar lagi, dengan penanganan khusus, mulai dari terapi hingga pemberian obat secara intens dan pendampingan, Odha dipastikan bisa tetap melanjutkan aktivitasnya sehari-hari.

Sumber: http://www.ujungpandangekspres.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5199