Kini Puskesmas di Jabar Layani Test Awal HIV/AIDS
Tanggal: Friday, 18 November 2011
Topik: HIV/AIDS


detikBandung, 17 November 2011

Bandung - Warga yang ingin memeriksakan diri untuk memastikan terkena virus HIV/AIDS bisa mendatangi puskesmas. Kepala Dinas Kesehatan Jabar Alma Lucyati mengatakan, tes awal HIV/AIDS kini bisa dilayani di seluruh puskesmas di Jabar.

Hal itu disampaikan Alma saat ditemui disela-sela acara 3rd Bandung Infection Disease Symposia, International Research Seminar in Infection Disease, Innovation for Better Care of Infection Disease di Hotel Aston Primera Pasteur, Jalan Djunjunan, Kamis (17/11/2011).

"Untuk meyakinkan diri sendiri karena ada indikasi sebelumnya, puskesmas kini telah dilatih untuk mendeteksi awal adanya penyakit infeksi menular seksual (IMS)," ujar Alma.

Indikasi seseorang melakukan pemeriksaan di antaranya baru saja berhubungan badan dengan orang yang berisiko, daya tahan menurun setelah mendapatkan suntikan dan lainnya.

"Atau misalnya pemeriksaan sebelum menikah karena kan beresiko menular," katanya.

Dengan tes yang cukup sederhana, petugas puskesmas telah mendapatkan keterampilan untuk melakukan pemeriksaan awal. Dari pemeriksaan awal, puskesmas nantinya memberikan hasil, dimana jika hasilnya positif, pasien harus dirujuk ke Klinik Teratai d RSHS.

"Tapi meskipun positif di puskesmas belum tentu statement-nya benar dia terkena HIV/AIDS karena itu baru deteksi awal. Untuk memastikan makanya dirujuk," katanya.

(tya/ern)

Sumber: http://bandung.detik.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5208