Hiburan Malam Menjamur, Bitung Rawan AIDS
Tanggal: Friday, 18 November 2011
Topik: Narkoba


VIVAnews, 18 November 2011

Kota Bitung, Sulawesi Utara rawan HIV/AIDS seiring peningkatan penderita orang dengan HIV-AIDS (ODHA) di kota tersebut .Salah satu faktor pendukung peningkatan jumlah ODHA ini adalah menjamurnya lokasi hiburan malam.

Himpunan Masyarakat Peduli AIDS (HUMPAD) yang bekerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), membeberkan jumlah penderita ODHA tahun 2010 di Kota Bitung tercatat 165 orang, "Sementara bulan November 2011 bertambah menjadi 218," kata Ketua HUMPAD, Jody Mamangkey, Jumat 18 November 2011.

Dia menambahkan mayoritas penderita ini adalah pekerja seks komersial atau PSK. Data ini didapat dari hasil kerjasama RSUD Manembo-nembo dan HUMPAD yang membentuk Tim Pemeriksa Sedini Mungkin (SPSM).

Jumlah ODHA terus bertambah meski pihaknya sudah melakukan berbagai upaya pencegahan penularan dan pengawasan, termasuk pemberian obat-obatan gratis untuk ODHA.

Penularan HIV/AIDS ini pun didukung dengan menjamurnya tempat hiburan yang tak jelas dan tak berizin. Pantauan VIVAnews.com, banyak tenda biru yang berdiri tengah malam sebagai tempat praktik prostitusi di Kota Bitung. Selain itu, tempat karaoke pun kian banyak.

“Terlepas dari pengawasan kami, PSK ODHA turun ke tempat tempat hiburan dengan alasan untuk menopang kehidupan mereka. Kami ingin pemerintah kota turut bersama sama memperhatikan hal ini," imbuh Jodi.

Di sisi lain, Jody meminta masyarakat dan keluarga tetap memberikan dukungan moril bagi ODHA. "Bagi ODHA saya berharap jangan merasa didiskriminasi, teruslah semangat."

Sumber: http://nasional.vivanews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5213