Masyarakat Diminta Waspada HIV AIDS
Tanggal: Friday, 18 November 2011
Topik: HIV/AIDS


Jambi Independent, 18 November 2011

MUARABUNGO - Masyarakat Bungo harus waspada. Sekarang ini, virus Human Immunodeficiency Virus Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV-AIDS) telah menyebar. Bahkan, informasi di Bumi Langkah Serentak Limbai Seayun ini menempati peringkat teratas se-Provinsi Jambi. Kepastian itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Bungo Mashuri saat memberikan arahan kepada siswa dan siswi SMA Negeri 1 Pelepat Ilir, kemarin (17/11).

“Kalau untuk penyebaran narkoba, Kabupaten Bungo menempati posisi kedua se-Provinsi Jambi setelah Kota Jambi. Kalau untuk HIV AIDS posisi pertama,” ucapnya.

Meski menyebutkan Bungo peringkat pertama HIV/AIDS dan narkoba perangkat kedua, Wabup Mashuri tak bersedia memberikan data pasti. Dan hanya mengatakan cukup banyak saja. “Jumlahnya, yah banyaklah,” elaknya yang ditanyai sejumlah wartawan seusai memberikan sambutan.

Karena berbahayanya virus tersebut, wabup meminta seluruh masyarakat waspada terutama para generasi muda. “Artinya, di sekeliling kita ini, itu ada dan mesti waspada. Kita generasi muda harus bisa memilah,” pintanya.

Lebih lanjut, kata dia, dengan pemanfaatan teknologi, generasi mudah harus hati-hati, sebab katanya semua informasi sangat mudah dengan kemajuan informasi saat ini. “BlackBerry jangan disalahgunakan, manfaatkan teknologi untuk kemajuan kita. Jangan gunakan untuk hal-hal negatif,” sambungnya, lagi.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo Suhaimi menyebutkan, sejak tahun 2000, hingga saat ini tercatat 11 penderita HIV AIDS. Empat orang diantaranya telah meninggal dunia. “Empat orang meninggal, yang lainnya masih dalam pengobatan,” sebutnya.

Dalam upaya mengurangi, sebut Suhaimi, telah dibentuk komisi penanggulangan yang beranggotakan tokoh agama, masyarakat, LSM, mahasiswa. Ini bertujuan untuk melakukan penyuluhan terhadap kelompok rawan terserang.

Selain itu, juga telah mengembangkan jaringan ke lembaga-lembaga pendidikan. Untuk memberikan pemahaman, pengenalan dan cara menanggulangi hal ini. “Upaya pencegahan terus kita lakukan,” tandas Suhaimi.

Sumber: http://www.jambi-independent.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5214