Implementasikan Pendekatan Impact UE Gandeng Unpad dan RSHS
Tanggal: Friday, 18 November 2011
Topik: Narkoba


Galamedia, 18 November 2011

Guna pengimplementasian pendekatan berbasis bukti pada program Integrated Management for Prevention Control and Treatment of HIV/AIDS (Impact), Uni Eropa (UE) menggandeng Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) dengan tiga universitas di Eropa. Selama lima tahun berjalan, program Impact dinilai berhasil meningkatkan layanan komprehensif di sejumlah tempat di Indonesia.

Namun ke depan pendanaan untuk program ini tidak lagi dibiayai Uni Eropa (UE). Sebelumnya, Impact yang merupakan pengembangan dan penerapan pendidikan pencegahan penyalahgunaan narkoba, pendidikan kesehatan reproduksi, dan keterampilan hidup terkait HIV-AIDS sebagai sebuah kurikulum yang efektif di SMP, dibiayai UE lebih dari 150 juta dolar AS.

Dana tersebut untuk mendukung negara-negara berkembang dalam pengendalian epidemi HIV dengan kontribusi hampir 60% dana untuk Global Fund for AIDS, tuberkulosis, dan malaria.

Impact digulirkan di Indonesia mulai tahun 2006. "Karena sudah lima tahun, kita harus mencari dana untuk meneruskan program Impact ini. Sejumlah yayasan, salah satunya akan dijadikan penyumbang dana," terang Kepala Unit Penelitian Kesehatan, Fakultas Kedokteran Unpad, dr. Bachtu Alisjahbana di sela-sela 3rd Bandung Infectious Diseas Symposia di Hotel Aston Primera, Jln. Djundjunan, Kamis (17/11).

Impact harus diteruskan manakala salah satunya telah memberikan kesempatan bagi dosen dan peneliti di fakultas untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam melakukan penelitian yang lebih baik di bidang HIV, tuberkulosis, dan infeksi oportunistik di Indonesia.

Ditambahkan Wakil Kepala Delegasi UE untuk Indonesia, Brunei Darussalam, dan ASEAN, Colin Crooks, pemberian dana ini mengingat ancaman yang diakibatkan oleh HIV pada kesehatan masyarakat. (B.107)**

Sumber: http://www.klik-galamedia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5215