Vaksin Anti-DBD akan Tersedia 6 Tahun Lagi
Tanggal: Sunday, 20 November 2011
Topik: Narkoba


Media Indonesia, 20 November 2011

SEBUAH vaksin untuk melawan demam berdarah dengue (DBD) yang mematikan sedang dikembangkan di Pusat Internasional untuk Rekayasa Genetika dan Bioteknologi (ICGEB) India. Namun, kita masih harus menunggu sebab vaksin tersebut akan tersedia 6 tahun lagi.

"Vaksin ini akan memakan waktu enam tahun untuk benar-benar cocok melawan penyakit DBD," kata seorang pakar ICGEB, yang tidak mau disebutkan namanya, di sela-sela sebuah simposium internasional tentang vaksin yang diselenggarakan di India oleh departemen bioteknologi.

Setiap tahunnya, hampir 220 juta orang terinfeksi oleh DBD di seluruh dunia. "Lembaga ini sedang mengembangkan vaksin DBD tidak menular berbasis pada teknologi vaksin hepatitis B," katanya.

Proses penelitian akan berfokus pada pengembangan vaksin tetravalen - ang akan mampu melawan semua empat serotipe dengue, tambahnya seperti dikutip dari Times of India, Rabu (16/11).

Simposium yang digelar selama empat hari itu difokuskan pada pengembangan vaksin untuk melawan infeksi yang bertanggung jawab untuk angka kematian yang tinggi, termasuk demam berdarah dengue, chikungunya, malaria, dan HIV-AIDS.(Pri/X-13)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5224