Jabar Baru akan Punya Perda Penanggulangan HIV/AIDS Akhir Tahun
Tanggal: Tuesday, 22 November 2011
Topik: HIV/AIDS


detikBandung, 21 November 2011

Bandung - Sedikitnya ada empat provinsi di Indonesia yang telah memiliki Perda Penanggulangan HIV/AIDS. Sementara Jawa Barat hingga saat ini masih dalam proses penggodokan di dewan. Ditargetkan perda tersebut akan disahkan pada akhir tahun ini.

Hal itu diungkapkan Sekda Jabar Lex Laksamana saat ditanyai Wakil Mentri Kesehatan Ali Gufron Mukti seputar penanganan HIV/AIDS di Jabar. Sebelumnya, dalam teleconfrence Wakil Mentri dengan 9 provinsi lainnya, 4 kepala daerah menyebut telah memiliki Perda Penanggulangan HIV/AIDS

Yang melakukan teleconfrence dengan Wakil Mentri yaitu 10 provinsi dengan kasus HIV/AIDS tertinggi di Indonesia. Provinsi yang telah memiliki perda tersebut yaitu Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Saya informasikan bahwa kami sedang membahas Perda HIV/AIDS ini mudah-mudahan akhir tahun ini bisa diselesaikan," kata Lex.

Ia menyatakan, Perda Penanggulangan HIV/AIDS diperlukan untuk mendukung program penanggulangan penderita HIV/AIDS.

Sebelumnya, Wagub Sulsel Agus Arifin menyebut telah memiliki perda sejak 2010 sementara Kalbar telah memiliki perda serupa sejak tahun 2009.

Sementara itu di Jatim, melalui teleconfrence Wagub Jatim Saefulah Yusuf bahkan telah dibuat sejak tahun 2004. Bahkan perda tersebut memuat sanksi dimana jika yang terkena HIV/AIDS tidak lapor maka kan dihukum penjara.

"Itu adalah upaya kita membuka fenomena gunung es," tutur Saefulah.

(tya/ern)

Sumber: http://bandung.detik.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5249