AIDS Diprediksi Bakal Jadi Bom Waktu
Tanggal: Tuesday, 22 November 2011
Topik: Narkoba


Harian Analisa, 22 November 2011

Medan: Mengingat peningkatan jumlah penderita AIDS yang sudah memasuki tingkat mengkhawatirkan di Kota Medan, Pemko dan Pemprovsu didesak segera memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) AIDS. Jangan menunggu jatuh korban lebih banyak lagi baru Pemko Medan dan Pemprovsu peduli terhadap penyakit yang mematikan ini.

Waspadailah karena kasus AIDS ini diprediksi bakal jadi bom waktu dan menjadi setan yang menghantui warga masyarakat di daerah ini, bila pemerintah daerah masih kurang peduli terhadap fenomena penyebaran AIDS yang drastis.

Hal ini ditegaskan Ketua Umum LSM-PERINTIS, Hendra Silitonga S.Sos, mencermati kasus AIDS dan peningkatan jumlah penderita AIDS yang meningkat tajam di Kota Medan dan sejumlah kota lainnya di Sumatera Utara, Minggu (20/11).

Dikatakan, LSM-PERINTIS sebagai salah satu lembaga non pemerintah yang peduli tentang kasus AIDS ini bertekad akan tetap konsisten dan selalu siap membantu pemerintah dalam memerangi wabah penyakit yang hingga kini belum ditemukan obatnya.

"Walau selama ini tanpa adanya apresiasi dari Pemko Medan, LSM-PERINTIS bertekad akan terus aktif menggelar program Sosialisasi dan Penyuluhan HIV/AIDS di Kota Medan serta daerah lainnya secara berkesinambungan," tegas Hendra.

Lebih Serius

Dikatakan, hendaknya Walikota lebih serius dalam menangani dan menuntaskan kasus AIDS di wilayah kerjanya, karena kasus ini menyangkut wibawa Pemko, apalagi diberitakan Kota Medan saat ini merupakan daerah paling teratas tingkat penderita AIDS di Sumatera Utara.

"Tingginya jumlah penderita AIDS di Kota Medan membuktikan Walikota selama ini masih kurang peduli dengan kasus AIDS. Karena jelas semua itu tidak terlepas dari peran pejabatnya sendiri,"ungkapnya.

Melihat fenomena penyebaran penderita AIDS yang cukup dahsyat di Kota Medan, LSM-PERINTIS kembali menggelar program penyuluhan AIDS. Targetnya pun kalangan pejara SMA/sederajat yang bertujuan agar pelajar yang dalam masa pancaroba itu bisa terhindar dari korban berikutnya.

"LSM-PERINTIS telah sukses menggelar program penyuluhan AIDS di SMA Martadinata Medan, Kamis (17/11) serta penyuluhan AIDS kepada masyarakat umum di depan Kantor DPC LSM-PERINTISJalan Yos Sudarso Medan, Jumat (18/11).

Dalam Sosialisasi Bahaya HIV/AIDS di Medan ini, LSM-PERINTIS berhasil mendatangkan narasumber dari Dinas Kesehatan Medan, Dinas Kesehatan Sumut, BKKBN Provsu, dengan materi acara berupa penyuluhan dan tanya-jawab tentang HIV/AIDS.

Bahkan dihadiri Kapolsekta Medan Barat, AKP Nasrul Pasaribu, Kanit Bimmas AKP R.Sihombing dan sejumlah pejabat lainnya. Acara dipadukan dengan berbagai perlombaan ketangkasan untuk siswa TK-SD-SMP, antara lain lomba pidato baca puisi puisi tingkat SMA, pemutaran film dokumenter serta hiburan keyboard. (rama)

Sumber: http://www.analisadaily.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5257