7.059 Warga Sumut Menderita AIDS
Tanggal: Tuesday, 22 November 2011
Topik: Narkoba


TRIBUNJOGJA.COM, 22 November 2011

MEDAN - Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Chandra Syafei mengatakan, penderita penyakit penurunan kekebalan tubuh atau Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) di daerah itu diperkirakan mencapai 7.059 orang.

"Namun dari jumlah estimasi itu, baru 60 persen penderita AIDS yang diketahui keberadaannya," kata Chandra dalam telekonferensi atau pembicaraan jarak jauh dengan Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti di Medan, Senin (21/11/2011).

Telekonferensi digelar dalam rangka pembukaan "International Symposium on Getting to Zero New HIV Infection, Zero Discrimination, Zero AIDS-Related Deaths in ASEAN" yang dilaksanakan di Bandung.

Telekonferensi yang juga dimaksudkan sebagai dukungan kampanye penanggulangan wabah HIV/AIDS dengan tema "Aku Bangga Aku Tahu" dilaksanakan bersama di 10 provinsi yakni, Sumatera Utara, Papua, Sulawesi Selatan, Bali, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Riau dan Jakarta,

Menurut Chandra, sebagai bentuk komitmen dalam membantu penderita HIV/AIDS, pihaknya telah mengimbau agar seluruh kabupaten/kota di Sumut menyediakan fasilitas pemeriksaan khusus terhadap penderita penyakit mematikan itu di rumah sakit dan puskesmas di daerah masing-masing.

Dari 33 kabupaten/kota di Sumut, sebanyak 26 kabupaten/kota telah memiliki klinik khusus pemeriksaan HIV/AIDS, sedangkan tujuh daerah lagi belum memilikinya. "Sebenarnya mudah saja bagi kabupaten/kota untuk mendirikan klinik khusus itu, cukup dengan keberadaan satu dokter ahli penyakit dalam dan seorang psikolog," katanya.

Wakil Menteri Ali Ghufron mengungkapkan apresiasi yang tinggi atas usaha yang telah dilakukan Pemprov dan kabupaten/kota di Sumut terhadap penanggulangan HIV/AIDS tersebut.

"Apa yang dilakukan selama ini sangat bagus, terutama dengan alokasi anggaran yang terus meningkat dan penyediaan klinik. Saya memberikan apresiasi yang sedalam-dalamnya," katanya. (*)

Sumber: http://jogja.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5260