Penderita HIV/AIDS Riau 1.350 Orang
Tanggal: Wednesday, 23 November 2011
Topik: HIV/AIDS


INILAH.COM, 22 November 2011

Pekanbaru - Penyebaran virus HIV/AIDS di Provinsi Riau semakin mengkhawatirkan. Pasalnya Riau sudah berada pada posisi kelima besar secara nasional.

Hal ini diungkapkan Asisten III Setdaprov Riau, Jhoni Irwan didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Katijo usai telekonfrensi dengan Wakil Menteri Kesehatan RI, Ali Gufron, di ruang kenanga Kantor Gubernur Riau, Senin (21/11).

"Yang jelas sampai saat ini Riau mendapatkan urutan peringkat kelima nasional untuk pengidap tersebut," ucap Joni

Namun demikian, Joni mengaku dari satu sisi ini kondisi ini juga keberhasilan Riau yang dinilai mampu melakukan pendataan terhadap penderita HIV/AIDS, di mana daerah biasanya punya kecenderungan untuk menutup-nutupi masalahnya.

Dengan dibuka secara transparan jumlah penderita HIV/AIDS ini, Riau berarti bisa menemukan gunung es HIV/AIDS di mana dari permukaan terlihat mengerucut, sementara di dasarnya luas tak terbilang.

"Ini juga bukti keberhasilan kita dalam melakukan pendataan dan secara transparan menignformasikannya ke khalayak luas. Dari data yang tercatat sama kita, kalau untuk HIV ada 722 dan untuk AIDS-nya mencapai 628 orang," ucapnya.

Terkait semakin meningkatnya angka penderita HIV/AIDS ini, Pemprov Riau akan menjajaki pembentukan Peraturan Daerah (Perda) untuk mengantisipasi penyebaran HIV/AIDS. Namun untuk mewujudkannya tentu akan berkoordinasi dengan lembaga legislatif terlebih dahulu.

"Yang jelas untuk saat ini kita belum ada Perdanya, tapi nanti akan kita jajaki dulu bersama legislatif apakah memungkin atau tidak dibuatkan Perda ini," katanya. [mor]

Sumber: http://sindikasi.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5261