Tes Darah
Tanggal: Wednesday, 23 November 2011
Topik: Narkoba


Pontianak Post, 22 November 2011

TENTARA dan polisi termasuk berisiko tinggi tertular HIV dan AIDS. Banyak di antara mereka yang harus bertugas ke luar daerah sehingga harus berpisah dengan pasangannya dalam waktu yang lama. Berbagai upaya dilakukan untuk pencegahan penyakit yang belum ada obatnya ini. Seperti yang dilakukan oleh Lanud Supadio Pontianak, Senin pagi (21/11) di Rumkit-nya.

Dalam upaya untuk mencegah semakin maraknya terjadinya penyebaran Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immunedeficience Syndrome (AIDS) Lanud Supadio mengadakan tes untuk seluruh anggotanya. Suasana Rumkit pagi itu begitu ramai. Ratusan orang personel Lanud Supadio, Skadron Udara 1, baik perwira, bintara, tamtama serta pegawai negeri sipil mengantre untuk diperiksa kesehatannya. Dari atasan sampai bawahan diwajibkan mengikuti test ini. Sample darah mereka diambil oleh tim medis dari Rumkit Lanud Supadio untuk mengetahui apakah mereka terjangkit virus HIV/AIDS.

“Pelaksanaan kegiatan yang kita selanggarakan ini merupakan suatu upaya dalam penanggulangan yang lebih intensif. Ini ntuk pencegahan lebih dini atau menekan semakin maraknya penyebaran virus maupun jumlah kasus HIV/AIDS, seperti yang terjadi di daerah-daerah lain agar penyebaran virus ini dapat di tekan seminimum mungkin. Karena sedikit banyak akan mempengaruhi kinerja dalam pelaksanaan tugas pokok TNI, khususnya Lanud Supadio,” jelas Karumkit Lanud Supadio, Mayor Iman Faturrahman.

Kadispers Lanud Supadio Letkol Adm Tonelson Siburian menambahkan, untuk pencegahan tidak hanya melulu lewat test kesehatan. “Yang paling penting adalah dengan cara meningkatkan iman dan takwa dalam hal ini pemberian bimbingan rohani secara terus menerus kepada seluruh anggota, pemberian santiaji terhadap anggota terutama yang masih belum menikah, serta pembentukan kopel-kopel olahraga sehingga akan meminimalisir para anggota yang akan keluar malam,” tandas Tonelson. (ars)

Sumber: http://www.pontianakpost.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5267