Pembiaran PSK Rawan Penyebaran HIV/Aids
Tanggal: Wednesday, 23 November 2011
Topik: HIV/AIDS


INILAH.COM, 23 November 2011

Sidoarjo - Meski Pekerja Seks Komersial (PSK) bukan salah satu penyebab mudahnya penyebaran HIV/Aids. Tapi, pembiaran keberadaan dan penambahan jumlah PSK yang tersebar di beberapa tempat di Sidoarjo, bakal menjadi penyebaran HIV/Aids.

Dari data Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Sidoarjo dan LSM Yayasan Delta Crisis Center terungkap bahwa jumlah PSK di Sidoarjo hingga saat ini mencapai 365 orang. Mereka tersebar di enam wilayah kecamatan di Sidoarjo, yakni di Kecamatan Porong, Candi, Tarik, Prambon, Jabon dan Krian.

Untuk Krian ada tiga tempat yang dibuat mangkal, yakni di Pasar Sapi, Krengseng dan Stasiun Krian yang mencapai 110 PSK. PSK terbanyak berada di Kecamatan Porong yang biasa meladeni pria hidung belang di Tangkis yang berjumlah 150 PSK.

Di Kecamatan Candi yang biasa standby di Randu 7 berjumlah 40 PSK, Kecamatan Tarik di Mlirip 25 PSK, Kecamatan Prambon di Pos 5 berjumlah 20 PSK serta di Tlocor di Kecamatan Jabon ada sebanyak 20 PSK.

"Jumlah itu hasil survey yang dilakukan KPA bersama LSM Yayasan Delta Crisis Center dan juga pengakuan 'mami' atau germo yang ada di enam Kecamatan tersebut," ucap pengelola Program dan Monitoring Evaluasi KPA Sidoarjo Ferry Efendi.

Dia mengatakan, penertiban sudah sering dilakukan, tapi mereka tetap meneruskan profesinya itu. Mestinya, pemberdayaan terhadap PSK sangat perlu, bisa membuat PSK menjauhi pekerjaannya. "Ini sebagai solusi. Jadi tidak hanya diobrak tanpa ada arahan yang jelas," tandasnya.

Per September 2011 ini tercatat sebanyak 691 penderita HIV/Aids. Terbanyak di Kecamatan Sidoarjo berjumlah 174 penderita, disusul Kecamatan Waru yang mencapai 98 penderita.

Dari jumlah penderita HIV/Aids tersebut, 253 disebabkan hubungan lawan jenis. Sedangkan 164 penderita karena pengguna jarum suntik. Untuk penderita HIV/Aids wanita yang totalnya 194 penderita, ada 70 persennya adalah ibu rumah tangga. [beritajatim.com]

Sumber: http://nasional.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5270