Selama Sepekan, Ikapi Jabar Gelar Pameran Buku Bandung
Tanggal: Thursday, 24 November 2011
Topik: Narkoba


detikBandung, 23 November 2011

Bandung - Selama sepekan, Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa barat dan Pemda Kota Bandung akan menggelar Pameran Buku Bandung (PBB) di gedung Landmark Convention Hall Jalan Braga. Pameran akan digelar mulai 29 November hingga 5 Desember 2011.

PBB diikuti oleh berbagai macam penerbit yang ada di Jabar dan luar Jabar. Ada 101 stand dan counter dengan 64 penerbit. Antara lain penerbit Mizan, Obor, Sygma, Agromedia, Republika, dan Tiga Serangkai.

Rencananya pameran yang digelar setiap tahun itu akan dibuka langsung Walikota Bandung Dada Rosada pada 29 November nanti. Dalam rilisnya yang diterima detikbandung, Rabu (23/11/2011), pembukaan akan dimeriahkan oleh pagelaran dari Saung Angklung Udjo dan kesenian Folklore Korea.

PBB tahun ini dimeriahkan juga dengan berbagai macam acara dan kegiatan. Korean Dance Festival dan Kreasi seni music & tari Sunda akan meriahkan pameran buku ini. Selain itu jumpa penulis best seller Fahd Djibran. Talkshow dengan bintang tamu Hermawan Aksan, jumpa artis Inka Christie dan Meyda Safira (pemeran ‘Husna’ dalam film Ketika Cinta Bertasbih, dan pemeran dalam film Dalam Mihrab Cinta) serta peringatan Hari AIDS se-dunia pada tanggal 1 Desember 2011.

Sudah sejak tahun 1984 IKAPI Jabar menggelar pameran buku di berbagai macam tempat di Bandung. Mulai tahun 1993 pameran buku IKAP Jabar diselenggarakan di Landmark Braga. Alasannya selain tempat yang strategis dekat pusat kota dan pemerintahan, juga punya alasan sejarah.

Sebelum menjadi tempat pameran, landmark dulunya pada tahun 1922, zaman Belanda di bangun untuk sebuah toko buku, toko buku ini bernama Van Dorp. Toko Buku ini bertahan cukup lama dari awal di bangun sampai sekitar 1960 an.

Setelah itu sekitar tahun 1970-an gedung yang asalnya toko buku Van Dorp ini beralih fungsi menjadi sebuah bioskop. Hingga akhirnya saat ini gedung Landmark di jadikan sebagai tempat untuk pameran.

(ern/ern)

Sumber: http://bandung.detik.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5277