Wah, Jakarta Urutan Tertinggi Kasus AIDS
Tanggal: Friday, 25 November 2011
Topik: Narkoba


INILAH.COM, 24 November 2011

Jakarta - DKI Jakarta menjadi wilayah yang paling tinggi terjadi kasus kematian akibat HIV/AIDS di Indonesia.. Sementara total penderita HIV/AIDS di Jakarta hingga saat ini tercatat sebanyak 9.784 kasus.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta, Rohana Manggala, mengatakan, data terakhir Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, hingga Juni 2011, DKI Jakarta tercatat menempati urutan tertinggi kasus kematian akibat AIDS.

"Kemudian disusul Papua dan ketiga Jawa Barat. Sementara berdasarkan prevalensi kasus AIDS per 100 ribu penduduk berdasarkan Provinsi, DKI Jakarta menempati posisi ke empat setelah Papua, Jawa Barat kedua, dan Bali ketiga," kata Rohana saat ditemui di Jakarta, Kamis (24/11/2011).

Tinggginya angka kumulatif di DKI Jakarta diketahui karena kesadaran masyarakat melakukan konseling dan tes HIV sukarela mulai meningkat. "Kondisi demikian harus tetap menjadi semangat untuk lebih meningkatkan frekuensi perhatian bagi seluruh lapisan masyarakat. Berbagai upaya harus terus ditindaklanjuti," ujarnya.

Rohana mengatakan penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam Hari AIDS sedunia 2011 diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya para pekerja dan dunia usaha dalam pencegahan penularan HIV dan AIDS. "Karena kasus HIV-AIDS dapat menimpa seluruh lapisan masyarakat," akunya.

Meski demikian kasus terjadinya penyebaran penyakit HIV/AIDS di Provinsi DKI Jakarta, cenderung mengalami penurunan. Dari data yang didapat mengenai jumlah kasus HIV/AIDS baru di Jakarta, berdasar data seksi Surveilans Epidemiologi HIV/AIDS Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada 2011 hingga Juni adalah 675 HIV, 509 AIDS dengan angka kematian 109 kasus.

Sementara pada pada tahun 2010 lalu, kasus baru HIV dengan periode yang sama, sebanyak 1.433 kasus, AIDS sebanyak 1.310 kasus dengan angka kematian 280 kasus. Sedangkan angka komulatif di DKI Jakarta sejak ditemukan tahun 1987 hingga Juni 2011 adalah 4.957 kasus HIV dan 4.827 AIDS.

"Hal ini menunjukan bahwa tingkat kesadaran masyarakat mengenai bahaya HIV/AIDS sudah cukup tinggi. Meski demikian upaya yang dilakukan untuk penanggualangan HIV/ AIDS masih harus terus ditingkatkan baik kualitas, kuantitas, keterpaduan, maupun kebersamaan," kata Rohana.[bay]

Sumber: http://metropolitan.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5292