Rokok Jembatan Menuju Narkoba Lalu AIDS
Tanggal: Sunday, 27 November 2011
Topik: Narkoba


Pos Kota, 25 November 2011

KARAWANG – Salah satu upaya menekan penyebaran virus HIV/AIDS dan penyalahgunaan narkoba di Karawang,Jawa Barat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang bekerjasama dengan Lembaga Independen Pelopor Bangsa (LIPB) menggelar Sosialisasi Bahaya HIV/AIDS dan Narkoba untuk siswa SLTA.

Kegiatan yang berlangsung di SMAN 2 Karawang dibuka Ketua KPA yang juga Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, Jumat (25/11).

Dr. Cellica Nurrachadiana mengatakan, kegiatan sosialisasi bahaya HIV/AIDS senantiasa dipadukan dengan sosialisasi bahaya narkoba karena keduanya sangat berkaitan. Hal ini karena penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan terjadinya penularan virus HIV/AIDS. “Penggunaan narkoba dengan menggunakan jarum suntik adalah salah satu yang terbanyak,” ujarnya.

Lebih lanjut dr. Cellica Nurrachadiana mengatakan AIDS merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus HIV. Penyakit ini menyerang system kekebalan tubuh penderitanya sehingga rentan terserang penyakit, dimana bila telah parah, maka penyakit tersebut akan menyerang otak. “Hingga saat ini, belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini, dimana obat anti-retroviral hanya mampu memperlambat efek virus HIV,” jelasnya.

Salah satu narasumber dalam sosialisasi tersebut, Bonan Sanggabuana menjelaskan bahwa narkoba, baik dalam bentuk narkotika, psikotropika, maupun zat adiktif lainnya sangat berbahaya.

“Diantara beberapa jenis tersebut, ada diantara kita yang bahkan tidak mengetahui bahwa hal tersebut dapat menyebabkan kecanduan, seperti rokok, kopi, dan bahkan lem ,” jelasnya.

Bonan melanjutkan, banyak yang tidak sadar apabila rokok dapat menyebabkan kecanduan dan dampak yang mematikan. Rokok merupakan jembatan emas menuju narkoba, dimana dimulai dengan coba-coba para perokok mulai menggunakan narkoba, yaitu ganja.

“Untuk itu, generasi muda hendaknya mulai meninggalkan rokok yang tidak ada manfaatnya, selain hanya menyebabkan kecanduan,” tambahnya. (nourkinan/b)

Sumber: http://www.poskota.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5308