Hari Aids Sedunia, 3 Ribu Pelajar Menari di Monas
Tanggal: Sunday, 27 November 2011
Topik: Narkoba


okezone.com, 27 November 2011

JAKARTA - Sekira 3.000 pelajar SMP dan SMA menari 'Dance For Life' pada acara puncak peringatan Hari AIDS Sedunia di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (27/11/2011).

Para pelajar itu berasal dari berbagai SMP dan SMA/SMK di DKI Jakarta. Tarian itu dimaksudkan untuk mengajak semua elemen masyarakat agar terhindar dari penyakit mematikan yakni HIV/AIDS.

Menurut laporan Kementerian Kesehatan menunjukkan penularan HIV berubah dalam lima tahun terakhir. Berdasarkan laporan Juni 2011, penyebab penularan HIV tinggi adalah dari transmisi seks 76,3 persen, diikuti penularan melalui alat suntik, 16,3 persen.

Terdapat kecendrungan penularan baru HIV dan AIDS yang terjadi melalui transmisi seksual dengan kelompok terbesar pada pekerja laki-laki, yang sebagian besar bekerja di sektor-sektor pertambangan, pekebunan, perhubungan dan kontruksi yang berlokasi di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Pekerja dalam dalam lingkungan tersebut dikenal memiliki mobilitas tinggi dan dengan upah yang cukup besar, sebagai kompensasi lingkungan yang penuh risiko. Tidak sedikit yang memiliki perilaku seksual berisiko tinggi, seperti membeli seks tanpa alat pelindung.

Data Kemenkes memperlihatkan jumlah laki-laki pelanggan pekerja seks mencapai 3.241.244 orang, di mana 60 persen diantaranya sudah memiliki pasangan.

Acara peringatan hari AIDS Sedunia ini diselenggarakan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang telah ditunjuk sebagai Ketua Peringatan Hari AIDS Sedunia 2011 oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat selaku Ketua Komisi Penggulangan AIDS Nasional.

Peringatan puncak hari AIDS sedunia ini bertemakan Lindungi Pekerja dan Dunia Usaha dari HIV dan AIDS. Acara ini dihadiri oleh 6.750 dengan rincian 1.000 peserta sepeda sehat, 3.000 Pelajar SMP dan SMA, 2.250 pekerja dan pengusaha, dan 500 tamu undangan.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Presiden RI Boediono. Selain Wapres Boediono, ikut serta pula Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertans) Muhaimin Iskandar, Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan, dan Gubernur DKI Fauzi Bowo.

(lam)

Sumber: http://news.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5317