Perempuan Dominasi Penderita HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 28 November 2011
Topik: HIV/AIDS


Pos Kota, 27 November 2011

SUKABUMI – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi mencatat 48 kasus warganya terinfeksi HIV/AIDS sepanjang 2011. Ironisnya, sekitar 60 persennya merupakan perempuan.

“Sepanjang 2011 kita mencatat ada 48 kasus HIV/AIDS. Sebanyak 28 orang di antaranya meninggal. Sekitar 60 persennya merupakan perempuan,” kata Penanggungjawan Program KPA Kota Sukabumi, dr Wahyu Handriana kepada Pos Kota.

Disebutkan Wahyu, proses penularan HIV/AIDS di wilayahnya kebanyakan melalui faktor prilaku hubungan seks, dan penggunaan jarum suntik bagi pecandu narkotika. Menurutnya, jumlah yang terdata sekarang diindikasikan hanya sebatas di permukaan.

“Jumlah penderita HIV/AIDS ini kemungkinan masih banyak yang belum terdata. Makanya kita terus berupaya untuk menekan angka ini penderita ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Wahyu menuturkan, berdasarkan data sejak tahun 2000 hingga sekarang jumlah penderita HIV/AIDS mencapai 470 orang. Empat diantaranya masih berusia balita. Tak hanya itu, satu orang anak berusia enam tahun juga dinyatakan positif HIV/AIDS.

“Untuk di Jawa Barat, terkait jumlah penderita HIV/AIDS Kota Sukabumi menempati nomor tiga setelah Bandung dan Bekasi. Data ini berdasarkan data di rumah cemara, rumah sakit, dan beberapa puskesmas yang membuka layanan konseling HIV/AIDS,” jelasnya.

(sule/sir)

Sumber: http://www.poskota.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5320