Peringati Hari AIDS, Forwakes dan PDPAI Luncurkan Buku
Tanggal: Tuesday, 29 November 2011
Topik: Narkoba


TRIBUN-MEDAN.com, 28 November 2011

MEDAN - Dalam menyemarakkan peringatan hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2011, Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) Sumatera Utara bekerjasama dengan Ketua Perhimpunan Dokter Peduli AIDS Indonesia (PDPAI)Sumatera Utara, DR dr Umar Zein DTM&H SpPD KPTI melaksanakan launching dan bedah buku Kisah AIDS Rangkuman Cerpen dan Artikel yang diselenggarakan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Sumatera Utara, Rabu (30/11).

Buku kisah AIDS ini sengaja diluncurkan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat akibat masih banyaknya stigmatisasi dan diskriminasi yang terjadi kepada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

"Tujuan kita meluncurkan buku ini merupakan dukungan kita terhadap program Kementrian Kesehatan. dalam mewujudkan MDG's tahun 2015. Dimana, salah satu program MDG's itu meningkatkan pengetahuan remaja diatas 15 tahun secara komprehensif tentang penularan dan pencegahan HIV/AIDS di Indonesia sebesar 90 persen," kata Ketua PDPAI Sumut, dr Umar Zein didampingi Ketua Forwakes, Zulnaidi, Senin (28/11) di Medan.

Kegiatan bedah buku itu nantinya dihadiri oleh pembedah dari kritikus sastra sekaligus Dekan FKIP UISU, Drs Mihar Harahap MM dan dari akademisi USU, dr Linda Maas MPH serta dihadiri Satuan Kerja Perangkat Daerah se-Sumut, LSM peduli HIV/AIDS dan dihadiri oleh para ODHA.

"Buku ini memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa HIV/AIDS tersebut seperti gunung es. Yang diketahui masih kecil, namun masih banyak penderita lainnya yang belum terdeteksi. Untuk itulah, buku ini kita luncurkan," tuturnya.

Berbicara target, Umar menjelaskan, dirinya bersama Forwakes akan menggandeng Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara untuk menjadikan buku ini sebagai muatan lokal untuk kalangan SMP dan SMA.

"Tulisan yang disajikan dalam buku ini dapat dicerna oleh kalangan siswa SMP dan SMA, bahkan untuk kalangan mahasiswa sebagai memberikan pengetahuan tentang HIV/AIDS. Sehingga apa yang menjadi target nasional dapat dipenuhi dengan hadirnya buku Kisah AIDS ini," sebutnya.

Ketua Forwakes Sumut, Zulnaidi menuturkan, Forwakes akan menempatkan buku-buku ini di hotel-hotel yang ada di Sumatera Utara khususnya Medan sebagai bacaan bagi tamu hotel.

"Buku ini memberikan pencerahan bagi masyarakat untuk mengerti seperti apa penularan HIV/AIDS itu. Di dalam buku juga ada tulisan yang menceritakan realita kehidupan ODHA sebelum menjadi penderita dan masih adanya diskriminasi di lingkungan, perusahaan hingga tenaga medis," terangnya

Selain dr Umar Zein, cerpen yang dikisahkan dalam buku tersebut merupakan kisah nyata dari ODHA dan disajikan dalam bentuk gaya tulisan yang beragam. Penulis tersebut terdiri dari berbagai media seperti Zulnaidi (Harian Analisa),Khairuddin Arafat (Harian Portibi DNP), Eko Agustio Fitri Brahmawati (HarianSeputar Indonesia), Novita Simamora (Harian Jurnal Medan), Kesuma Ramadhan (Harian Sumut Pos), dan Mursal Alfa Iswara (Harian Waspada).

Sementara Kadis Kesehatan Propinsi Sumatera Utara, dr Candra Syafei SpOG memberikan apresiasi lounching buku Kisah HIV/AIDS yang dituangkan dalam tulisan dr Umar Zein dan Forwakes Sumut. "Tulisan kisah HIV/AIDS Forwakes dan dr Umar Zein merupakan bentuk dukungan sosialisasi ke masyarakat bagaimana mencegah dan menanggulangi HIV/AIDS di Indonesia khususnya di Sumatera Utara," sebut Candra.

Dia berharap, buku tersebut dapat menjadi pedoman pemahaman siswa di sekolah baik SMP dan SMA serta mahasiswa agar dapat memahami penularan virus HIV/AIDS.

"Mudah-mudahan dengan buku tulisan dr Umar Zein dan Forwakes dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Sumatera Utara," terAngnya nya. (*/ari/tribun-medan.com)

Sumber: http://medan.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5334