Jumlah Pengidap HIV/AIDS di Kalteng Meningkat
Tanggal: Tuesday, 29 November 2011
Topik: HIV/AIDS


KOMPAS.com, 28 November 2011

PALANGKARAYA — Jumlah pengidap HIV/AIDS di Kalimantan Tengah diperkirakan terus meningkat. Saat ini, jumlah orang dengan HIV/AIDS kurang dari 1.000 orang, dan diperkirakan bertambah menjadi sekitar 1.200 orang pada tahun 2012.

Ketua Komisi A DPRD Kalteng Yohanes Fredy Ering di Palangkaraya, Kalteng, Senin (28/11), mengatakan, jumlah pengidap HIV/AIDS di Kalteng cenderung terus meningkat. Kondisi itu disebabkan Kalteng merupakan wilayah dengan mobilitas tenaga kerja yang tinggi.

"Tenaga kerja dari luar provinsi yang mencari nafkah di Kalteng sangat banyak. Siapa yang bisa mengecek, mereka sudah mengidap HIV/AIDS atau belum," paparnya.

Kepastian mereka sudah terkena HIV/AIDS atau belum sulit diketahui karena tidak langsung kasat mata dan gejalanya baru diketahui beberapa tahun kemudian setelah terinfeksi. Jumlah pengidap HIV/AIDS saat ini dan perkiraan tahun depan pun diyakini bisa lebih besar karena kondisi itu seperti fenomena gunung es.

Fredy menambahkan, pendataan jumlah pengidap HIV/AIDS di Kalteng juga masih lemah. Jumlah yang dimiliki Pemprov Kalteng, lembaga swadaya masyarakat, dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kalteng berbeda-beda.

Fredy mengatakan, imbauan kepada masyarakat agar tak memusuhi pengidap HIV/AIDS perlu dioptimalkan. Selama ini, sebagian masyarakat di Kalteng sangat takut berinteraksi dengan pengidap HIV/AIDS.

Mereka yang menduga dirinya terkena HIV/AIDS juga diminta untuk tidak sungkan melapor dan mengecek kesehatan. "Jangan takut merasa disisihkan. Masyarakat juga jangan segan bergaul dengan pengidap HIV/AIDS," tuturnya.

Sumber: http://regional.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5338