Penderita HIV/AIDS di Jambi Didominasi Kalangan Atas
Tanggal: Wednesday, 30 November 2011
Topik: HIV/AIDS


Metrotvnews.com, 29 November 2011

Jambi: Penderita Acquired Immune Deficiency Syndrome atau HIV/AIDS di Provinsi Jambi didominasi kalangan berpendidikan atas.

"Dari hasil penelitian dan pengalaman kami selama beberapa tahun, sebagian besar penderita HIV/AIDS lebih didominasi kalangan berpendidikan atas mulai SMA hingga tingkat S1 dan S2," ujar Koordinator Jaringan Orang Terinfeksi HIV/AIDS Indonesia (JOTI) cabang Jambi Yuli di Jambi, Selasa (29/11).

Meski tidak menyebutkan angka pasti, Yuli menyatakan dominasi penderita HIV/AIDS lebih banyak ditemukan justru pada orang-orang berpendidikan atas.

Sementara itu, jika dilihat dari penyebab penularan, penderita HIV/AIDS di Jambi banyak disebabkan karena faktor jarum suntik.

"Dengan kondisi ini, jika dilihat tren di Jambi sedikit berbeda dari daerah lain di Indonesia. Sementara untuk daerah lain, penderita HIV/AIDS justru banyak pada kalangan berpendidikan SMA ke bawah," jelasnya.

Ia mengatakan, penderita HIV/AIDS di Jambi menunjukkan angka peningkatan. Jumlah tersebut bisa diketahui dari data yang dimiliki Komisi Pencegahan Aids (KPA) di Jambi yang mencatat ada sekitar 556 orang positif HIV/AIDS.

Jumlah itu bisa saja lebih dan bertambah, mengingat ada sejumlah masyarakat yang tertutup akan HIV/AIDS.

Dengan kondisi itu, sebagai salah satu pihak pemerhati masalah kesehatan, JOTI mendesak pemerintah daerah bisa segera menerbitkan adanya aturan khusus atas penanganan HIV/AIDS.

Adanya aturan dan tindakan pemerintah secara aktif diharapkan bisa membuka wawasan masyarakat akan HIV/AIDS. Sehingga, adanya diskriminasi para penderita HIV/AIDS dimasyarakat bisa dihilangkan.

"Pada aksi nanti, kami akan menekankan adanya pembentukkan peraturan khusus terhadap penanganan HIV/AIDS. Sikap masyarakat terhadap penderita perlu diubah. Artinya, penderita HIV/AIDS juga bagian dari masyarakat yang memiliki hak dan kewajiban yang sama," pungkas Yuli.(Ant/RIZ)

Sumber: http://www.metrotvnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5359