Penderita Baru AIDS Capai 6.087 Orang
Tanggal: Wednesday, 30 November 2011
Topik: Narkoba


TRIBUNKALTENG.COM, 29 November 2011

PALANGKARAYA - Jumlah penderita kasus baru AIDS pada triwulan II tahun 2011 di Indonesia mencapai 6.087 orang, sehingga secara kumulatif sampai dengan bulan Juni 2011 tercatat jumlah kasus AIDS sebanyak 26.483 orang.

Menteri Koordinator Bidang kesejahteraan Rakyat selaku Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Nasional Dr H R Agung Laksono dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Gubernur Kalteng H Achmad Diran di Palangkaraya, Selasa (29/11/2011).

Peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) tahun 2011 yang mengangkat tema "Lindungi Pekerja dan Dunia Usaha dari HIV dan AIDS" dan sub tema "Penanggulangan HIV dan AIDS di tempat kerja sebagai bagian dari peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja."

Menkokesra berpesan agar setiap masyarakat mengkampanyekan Stop HIV dan AIDS, hapuskan stigma dan diskriminasi di dunia kerja, serta mengharapkan peringatan Hari AIDS Sedunia dapat diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tahun, dengan demikian kita selalu diingatkan agar mampu berbuat sesuatu dalam menyelamatkan generasi bangsa dari HIV dan AIDS.

Agung Laksono berpendapat, kita sadari bersama bahwa upaya mengatasi epidemic HIV dan AIDS di negeri ini hanya akan berhasil bila semua komponen masyarakat bersatu dalam upaya penanggulangan HIV dan AIDS dengan didukung oleh komitmen yang tinggi dan kepemimpinan yang baik dari pemerintah.

Dukungan dunia usaha dalam upaya penanggulangan HIV dan AIDS secara keseluruhan sangatlah penting, melalui upaya-upaya pencegahan HIV dan AIDS di tempat kerja diharapkan dapat mencegah kerugian akibat dampak HIV dan AIDS pada dunia usaha itu sendiri.

Selain itu, sekaligus memutus salah satu mata rantai penularan HIV pada kalangan pekerja yang merupakan bagian dari mata rantai penularan di masyarakat luas.

Tambahnya, kontribusi penting yang dapat dilakukan oleh dunia usaha dalam upaya penanggulangan HIV dan AIDS antara lain adalah melalui kebijakan penanggulangan HIV dan AIDS di tempat kerja.

Kebijakan tersebut dapat dikembangkan untuk meningkatkan perlindungan pekerja dari HIV dan AIDS sekaligus untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan perkerja, serta memelihara produktivitasnya.

Semoga melalui Peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2011, kita dapat menggapai harapan-harapan yang baik pada masa mendatang, baik untuk masyarakat pekerja dan dunia usaha maupun bagi masyarakat dan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Agung Laksono juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota, Camat, Lurah/Kepala Desa dan masyarakat, serta berbagai pihak baik unsur Pemerintah, Donor Agencies, Swasta, dunia usaha dan LSM yang berperan aktif dalam penyelenggaraan Hari AIDS Sedunia tahun 2011.

Sumber: http://kalteng.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5361