KPA Tempuh Pendekatan Total Football
Tanggal: Thursday, 01 December 2011
Topik: Narkoba


Liputan6.com, 30 November 2011

Jakarta
: Perkembangan aktivitas seks di Indonesia cukup pesat dengan adanya peningkatan transmisi virus HIV dan AIDS pada hubungan heteroseks (antara pria dan wanita). Perkembangan terlihat naik dari 38.5 persen pada 2006 ke 76,9 persen pada 2011.

Data ini dikemukakan Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional Nafsiah Mboi dalam acara Pekan Kondom Nasional 2011 di E-Corner Epicentrum Walk Jakarta, Rabu (30/11). Pesatnya penyebaran virus ini terjadi karena banyak laki-laki yang melakukan aktifitas seks bebas dan tak memakai kondom. Mereka mengaku tidak nyaman saat berhubungan seksual bersama pasangan.

Untuk itu, KPA (Komisi Pencegahan AIDS) bersama BKKBN bekerja sama mencegah penyebaran virus mematikan ini dengan pendekatan yang dinamakan "Total Football". Dengan ini, penyuluhan dijalani dengan peningkatan ilmu agama serta komunikasi antarkeluarga dan pemberdayaan pemuda dan masyarakat lewat pembagian materi edukasi di tempat publik.

"Hanya ada dua pilihan, melakukan rekreasi sehat atau rekreasi seks. Tapi harus mau dengan kondom apabila tidak ingin terkena HIV dan AIDS," ujar Nafsiah.

Peran masyarakat, pemerintah serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sangat diperlukan untuk sama-sama mendukung gerakan ini. Sehingga tercipta lingkungan yang aman dari virus HIV dan AIDS.(AIS)

Sumber: http://berita.liputan6.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5386