Sambut Hari AIDS, Mahasiswa dan Aktivis Turun ke Jalan
Tanggal: Thursday, 01 December 2011
Topik: Narkoba


Media Indonesia, 01 Desember 2011

PURWOKERTO: Menyambut Hari AIDS pada 1 Desember, puluhan aktivis yang terdiri atas mahasiswa, pegiat LSM, dan Pramuka menggelar aksi turun ke jalan di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (1/12). Mereka membagi-bagikan selebaran kepada pengguna jalan dan mengampanyekan penggunaan kondom.

Mereka mulai jalan kaki dari Alun-Alun Purwokerto menuju Pendopo Wakil Bupati Banyumas yang jaraknya sekitar 2 kilometer (km). Di sepanjang perjalanan, mereka membagi-bagian bunga dan selebaran berisi sosialisasi mengenai bahaya HIV/AIDS. Para aktivis juga membentangkan spanduk dan poster yang intinya peringatan kepada masyarakat mengenai penularan HIV/AIDS.

Salah satu poster berbunyi 'Buat yang Suka Jajan, Gunakan kondom atau Kena AIDS'; 'Buat Pesun, Gunakan Jarum Steril atau Kena AIDS?'; serta 'Stop AIDS Sekarang Juga atau Kiamat?'. Bagian atas poster tersebut berisi balon kondom yang sengaja diisi angin.

Menurut Sekretaris Penanggulangan HIV/AIDS Banyumas Budi Pramono mengatakan kasus HIV/AIDS di Banyumas dan sekitarnya cukup memprihatinkan, karena semakin meningkat jumlahnya. Dikatakan Budi, hingga September 2011, jumlah kasus meninggal akibat HIV AIDS yang terdata di Klinik VCT RSUD Margono Soekarjo mencapai 110 kasus.

"Dari jumlah itu, 51 kasus adalah orang Banyumas dan sisanya merupakan warga di luar Banyumas," kata Budi.

Oleh karena itu, pihaknya terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyosialisasikan bahaya HIV/AIDS. "HIV/AIDS bisa dicegah asalkan warga berperilaku sehat dan tidak menyimpang," tegasnya. (LD/OL-10)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5396