Pelajar Madiun Bagikan Selebaran Anti AIDS
Tanggal: Thursday, 01 December 2011
Topik: Narkoba


beritajatim.com, 01 Desember 2011

Madiun - Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Kota Madiun dan puluhan pelajar tang tergabung dalam Duta AIDS setempat membagi-bagikan selebaran yang berisi tetang pencegahan AIDS, di perempatan Tugu kota setempat untuk memperingati Hari AIDS sedunia.

Dalam kegiatan yang melibatkan kurang lebih 30 pelajar dari berbagai SMA yang ada di Kota Madiun ini, sudah dimulai sejak pagi. Mereka langsung membagi bagikan selebaran ke penguna jalan yang berhenti karena lampu lalu-lintas.

Dalam selebaran tersebut, berisikan tetang bahaya dari virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini, karena hingga saat ini masih belum ditemukan obatnya. Selain itu juga disertakan juga cara penularannya. "Diselebaran tersebut sudah ada berbagai macam cara penyebaran virus ini. Sehingga jika kita tahu cara penyebarannya secara otomatis kita akan tahu bagaimana caranya agar kita tidak tertular virus tersebut," ujar salah satu duta AIDS, Doni, Kamis (1/12/2011).

Dari data KPA Kota Madiun selama tahun ini hingga Oktober sudah ditemukan 16 kasus HIV/AIDS baru. Sedangkan total di kota pecel ini sudah ditemukan adanya 143 kasus HIV/AIDS. Dan empat diantaranya sudah meninggal dunia pada tahun ini. "Tahun ini ada 16 temuan kasus baru. Kalau totalnya ada 143 dan 80 persen lebih penularannya melalui hubungan sesual. Karena di Kota Madiun ini banyak penjaja sex tidak langsung yang sangat rentan menularkan penyakit," ujar sekertaris KPA, Samhan saat dilokasi.

Karena itu, kata Samhan, pihaknya trus melakukan pendampingan terhadap waria-waria dan penjaja sex tidak langsung tetang bahaya AIDS. Selain itu pihaknya juga menyediakan kondom untuk mencegah penularan virus HIV melalui hubungan sex.

Sementara itu aksi serupa juga dilakukan oleh KPA Kabupaten Madiun dan Magetan. Untuk Kabupaten Madiun dipusatkan di pertigaan depan pasar Caruban. Sedang Kabupaten Magetan berada di pingir jalan Pasar Baru Magetan.[rdk/ted]

Sumber: http://beritajatim.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5400