VCT Center Ingatkan Bahaya HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 01 December 2011
Topik: HIV/AIDS


beritajatim.com, 01 Desember 2011

Mojokerto - Ratusan kalangan peduli HIV (Human Immunodefiecency Virus) / AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) Mojokerto menggelar peringatan Hari AIDS se-dunia di depan kantor Pemkot Mojokerto, Kamis (01/12/2011). Aksi diperingati dengan membagi-bagikan bunga ke pengguna jalan serta aksi teatrikal bahaya HIV/AIDS.

Manajer Kasus Klinik VCT (Voluntary Counselling Test) RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto, Eko Harianyo mengatakan, sejak dibuka klinik VCT tahun 2006 lalu ditemukan penderita HIV sebanyak 233 penderita. "Data di Dinkes Kota Mojokerto ada 269 penderita, itu sejak 2002, tapi yang ditemukan sejak klinik VCT dibuka tahun 2006 lalu sebanyak 33 penderita," ungkapnya, tadi pagi.

Tahun 2011 hingga bulan November, klinik VCT menemukan ada 42 penderita dan sebanyak 7 penderita meninggal dunia dari total 85 penderita yang meninggal dunia. Dari jumlah penderita yang ditemukan tersebut 45 persen merupakan warga Kota Mojokerto, sementara 52 persen lainnya berasal dari luar Kota Mojokerto. "Penderita dari luar kota diantaranya berasal dari Jombang, Gresik, Kediri dan Lamongan. Bahaya HIV/AIDS sangat berbahaya sehingga dengan peringatan hari HIV/AIDS dengan tema lindungi pekerja dan dunia usaha dari HIV dan AIDS dan hapuskan stigma dan diskriminasi di dunia kerja diharapkan masyarakat untuk hidup sehat," katanya.

Menurutnya, para penderita yang sudah ditemukan akan terus dipantau. Aksi yang dilakukan lebih dari 150 orang tersebut dari Kompenham, karang taruna, tagana, Ikatan Kader Motifator (IKM), Kader Remaja Sehat (KRS), Ikatan Pemuda Nadhatul Ulama (IPNU), Gus Yuk tersebut tak hanya digelar di depan kantor Pemkot Mojokerto juga di Alun-alun Kota Mojokerto dan pertigaan Bentar, Kota Mojokerto.[tin/ted]

Sumber: http://beritajatim.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5401