Pria Lima Kali Ganti Pasangan, Perempuan Dua Kali
Tanggal: Thursday, 01 December 2011
Topik: Narkoba


JPNN.com, 01 Desember 2011

JAKARTA--Indonesia patut cemas dengan penyebaran HIV-AIDS yang terus meningkat. Ternyata, penyebabnya tidak lepas dari perilaku seks yang menyimpang. Hasil survey Sexual Wellbeing Global dari Durex menyebutkan, ada kecenderungan pria Indonesia lima kali ganti pasangan seksual. Sedangkan perempuan dua kali.

Survei Sexual Wellbeing Global adalah mengamati keseimbangan seksual yang sehat. Diantaranya ditilik dari faktor fisik, emosional, dan sosiologis. Survei tadi, dilakukan dengan melibatkan 1.015 pria dan perempuan Indonesia sebagai sample. General Manager Reckitt Benckiser Indonesia Ratanjit Das di Jakarta kemarin (30/11) menuturkan, hasil survei ini perlu mendapat perhatian khusus.

Sebab, jika dibiarkan tanpa ada edukasi kepada masyarakat bisa dipastikan resiko peningkatan penularan HIV-AIDS sulit ditekan. "HIV-AIDS tetap merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di Indonesia," kata Ratanjit.

Dia menambahkan, salah satu cara yang kita dapat lakukan untuk mencegahnya adalah dengan menjaga sexual wellbeing. Sehingga, tidak sampai terlibat hubungan seksual dengan beraganti-ganti pasangan. Karena, sangat beresiko sekali tertular HIV-AIDS.

Ratanjit menjelaskan, dari hasil survei tadi terungkap jika sebanyak 6 % perempuan dan 13 % pria Indonesia diketahui memiliki lebih dari satu pasangan. Celakanya, satu dari lima penduduk Indonesia yang suka berganti-ganti pasangan tidak mengetahui apakah pasangan mereka tertular HIV-AIDS apa tidak. Lebih celaka lagi, tujuh dari sepuluh orang yang disurvei mengatakan, tidak menggunakan alat pelindung infeksi penyakit seksual (IMS) seperti kondom.

Ratanjit berharap, pemerintah terus mengkampanyekan peningkatan edukasi penularan HIV-AIDS kepada masyarakat-masyarakat yang rentan tertular. Edukasi ini diharapkan semakin genjar dilakukan untuk masyarakat usia produktif. Sebab, ada kecenderungan kenaikan kasus penularan HIV-AIDS pada masyarakat usia produktif. (wan)

Sumber: http://www.jpnn.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5404