Pekerja dan Ibu Rumah Tangga kian Rentan Tertular HIV
Tanggal: Thursday, 01 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 01 Desember 2011

TREN penularan HIV/AIDS (human immunodeficiency virus/acquired immune deficiency syndrome) kini tidak lagi didominasi kalangan remaja/pemuda, tetapi tenaga kerja nonprofesional (pekerja). Adapun posisi kedua pengidap HIV/AIDS setelah pekerja ditempati kalangan ibu rumah tangga yang tertular lewat pasangan (suami) mereka.

Hal itu dikatakan secara terpisah oleh Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) Nafsiah Mboi dan Sekjen Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) Jakarta Rohana Manggala, kemarin, di Jakarta.

Peningkatan risiko penularan baru HIV/AIDS di lingkungan kerja itu, kata Nafsiah, meliputi sektor pertambangan, perkebunan, perhubungan, dan konstruksi yang berlokasi di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

"Mereka umumnya berhubungan seks tanpa kondom," ujar Nafsiah. Menurutnya, peningkatan kasus HIV di kalangan pekerja tergambar dari hasil pemetaan yang dilakukan KPAN pada sejumlah areal perkebunan yang selalu disertai dengan pertumbuhan industri rekreasi seks cukup pesat.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan 2006, kutip Nafsiah, jumlah laki-laki pekerja yang menjadi pelanggan pekerja seks komersial (PSK) mencapai 3.241.244 orang. Sekitar 60% di antara mereka telah menikah.

Kepala Subdirektorat Pengawasan Norma Kesehatan Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) Dedi Adi Gumelar mengakui belakangan ini muncul kecenderungan banyaknya industri hiburan yang menempel di sejumlah kawasan industri.

"Sayangnya, kondisi itu tidak diimbangi dengan peningkatan akses informasi dan pelayanan terkait HIV/AIDS kepada pekerja," ujarnya. Jumlah pengidap HIV/AIDS di Indonesia dilaporkan terus meningkat, termasuk di Cilacap, Jawa Tengah, dan Bojonegoro, Jawa Timur. Meski demikian, secara nasional, tingkat kematian akibat virus itu menurun dari 3,7% pada 2010 menjadi 1,0% di 2011. (Tlc/Ssr/LD/YK/X-8)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5420