Masyarakat Wajib Terlibat Penanggulangan Persoalan HIV/Aids
Tanggal: Thursday, 01 December 2011
Topik: HIV/AIDS


suarasurabaya.net, 01 Desember 2011

“Tentunya, persoalan-persoalan HIV/Aids, tidak mungkin dapat kami tuntaskan atau selesaikan sendiri. Butuh keterlibatan banyak pihak, banyak elemen, termasuk diantaranya adalah masyarakat sendiri”.

Keterlibatan masyarakat, lanjut Dr. Esti Martiana Rachmie Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Surabaya, tetap penting dan dibutuhkan dalam upaya penuntasan persoalan-persoalan HIV/Aids itu sendiri.

Oleh karena itu, peningkatan awarness masyarakat pada HIV/Aids, termasuk persoalan-persoalan sosial disekitarnya juga perlu mendapatkan perhatian. “Sehingga keterlibatan masyarakat dalam persoalan HIV/Aids, menjadi penting agar penyebaran virus mematikan itu bisa dieleminir,” kata Esti pada suarasurabaya.net, Kamis (1/12/2011).

Senada dengan itu, Esthi Susanti Hudiono ketua Indonesian Interfaith Network On HIV And Aids (Interna) Jawa Timur, membenarkan, bahwa keterlibatan masyarakat dalam persoalan-persoalan HIV/Aids sangat penting.

“Karena memang persoalan-persoalan HIV/Aids atau persoalan terkait HIV/Aids sangat kompleks. Oleh karena itu, segenap elemen masyarakat wajibikut terlibat dalam rangka menanggulangi HIV/Aids tersebut,” ujar Esthi Susanti.

Apa bentuk keterlibatan masyarakat dalam upaya-upaya penanggulangan persoalan HIV/Aids? “Selain tetap hidup sehat dengan perilaku seksual yang juga sehat, masyarakat dapat bergabung dalam berbagai lembaga swadaya yang perduli dengan HIV/Aids,” tambah Esthi Susanti Hudiono ketika dihubungi suarasurabaya.net, Kamis (1/12/2011).

Dr. Esti Martiana Rachmie sepakat bahwa masyarakat dibutuhkan sebagai bagian dari upaya-upaya penanggulangan persoalan HIV/Aids. “Tetapi perlu juga dipahami bahwa keterlibatan tersebut harus disertai dengan awarness pada persoalan HIV/Aids itu sendiri,” tukas Dr. Esti.(tok)

Sumber: http://www.suarasurabaya.net




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5424