Pengidap HIV-AIDS di Cilegon Didominasi Laki-laki
Tanggal: Friday, 02 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Metrotvnews.com, 01 Desember 2011

Cilegon: Pengidap HIV/AIDS di Kota Cilegon, Provinsi Banten, didominasi oleh laki-laki yang disebabkan pola hidup yang kurang sehat, serta tidak setia terhadap pasangan.

"Dari 221 kasus HIV/AIDS yang ditemukan, lebih dari 50 persen adalah laki-laki," Kata Kepala Seksi Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon Ratih Purnamsari di Cilegon, Kamis (1/12).

Dia menjelaskan, prilaku hidup tak sehat dan tidak setia pasangan hidupnya, adalah penyebab pertama terbanyak kasus HIV di Cilegon.

"Penyebab paling banyak ditemukan HIV/AIDS karena hubungan seksual," katanya menambahkan.

Faktor lainnya, karena penggunaan jarum suntik secara bergantian dari pecandu narkoba. Mengenai umur penderita HIV/AIDS, menurut dia, kebanyakan masih produktif, yakni berkisar 20 sampai 40 tahun.

Ia mengaku, terus melakukan sosialisasi kepada kalangan pelajar dan mahasiswa tentang apa itu HIV/AIDS, bahayanya dan cara pencegahannya.

Selain itu, juga memberikan pemahaman kepada pekerja seksual komersial (PSK) agar menggunakan alat pelindung kondom ketika sedang melakukan hubungan intim.

"Kami juga selalu memberikan penyuluhan kepada seluruh lapisan masyarakat, seperti kalangan profesi kedokteran. "Profesi dokterpun rentan dengan terularnya HIV/AIDS, apalagi dokter gigi yang bersinggungan dengan alat untuk pasiennya," katanya.(Ant/DNI)

Sumber: http://www.metrotvnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5431