Jalan Vihara Hot Spot Penyebaran HIV/AIDS
Tanggal: Friday, 02 December 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUN-MEDAN.com, 01 Desember 2011

PEMATANGSIANTAR - Jalan Vihara yang memisahkan RSUD dr Djasamen Saragih dan Vihara Avalokitesvara menjadi titik rentan baru penyebaran HIV/AIDS di Pematangsiantar. Tempat ini diduga menjadi tempat mangkal para pekerja seks komersial yang sebelumnya beroperasi di depan SMAN 4, Jalan Pattimura.

Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Pematangsiantar Dedy Purwanto mengatakan, warung-warung tenda di belakang pujasera Siantar Square ini menambah daftar hot spot penyebaran HIV/AIDS. Jalan Rakutta Sembiring di Siantar Martoba juga masuk kategori hot spot karena di daerah tersebut banyak dijumpai warung-warung tenda.

Menurut Dedy, warung-warung tenda di Jalan Vihara telah menjadi tempat mangkal para pekerja seks komersial pindahan Jalan Pattimura. Ternyata para PSK pun turut pindah bersama para pedagang kaki lima di depan SMAN 4 itu ke Siantar Square, Jalan Vihara. Daerah paling terkenal sebagai tempat transaksi seks di Kota Pematangsiantar masih disandang Taman Bunga. “Ya masih Taman Bunga-lah. Daerah Taman Bunga sampai stasiun kereta api itu daerah rawan semua,” kata Dedy.

“Karena KPA hanya bergerak dalam penanggulangan penyebaran, jadi kita tidak bisa menindak,” kata Dedy, Kamis (1/11). KPA, antara lain, hanya bisa menyebar kondom bagi para penjaja seks dengan menitipkan kepada pedagang di hot spot.

Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, tahun ini jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Pematangsiantar mengalami peningkatan. “Tahun ini ada 107 orang. 20 orang positif HIV dan 87 orang menghidap AIDS,” ujarnya. Jumlah ini, kata lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, yaitu 97 orang. (ton/tribun-medan.com)

Sumber: http://medan.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5434