12 Pelajar Tulungagung Terjangkit AIDS akibat Pergaulan Bebas
Tanggal: Friday, 02 December 2011
Topik: Narkoba


REPUBLIKA.CO.ID, 01 Desember 2011

TULUNGAGUNG - Sedikitnya 12 pelajar setingkat SMA di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, teridentifikasi positif menderita HIV/AIDS. Virus diduga tertular akibat perilaku seks bebas serta penggunaan narkoba.

"Jumlah sebenarnya tidak pasti, tapi kira-kira ada sekitar 12-an yang terdiri dari kalangan pelajar setingkat SMA dan mahasiswa," kata Koordinator Program Komite Penanggulangan Aids (KPA) Tulungagung, Ifada Nur Rokhmaniah, Kamis.

Ifada tidak menjelaskan lebih rinci soal keberadaan para pelajar maupun mahasiswa yang masih aktif di lembaga pendidikan masing-masing. Namun, ia memastikan bahwa perkembangan kasus yang menimpa ke-12 remaja yang masih aktif bersekolah itu tetap terpantau.

Lebih lanjut, Ifada menjelaskan kasus yang menimpa belasan pelajar dan mahasiswa itu telah terdeteksi sejak tahun 2008. Ini setelah mereka masing-masing melakukan pemeriksaan di klinik VCT (Voluntary, Counseling and Testing) Seruni di RSUD dr Iskak.

Berdasarkan evaluasi KPA Tulungagung, mayoritas penularan HIV/AIDS yang menimpa sejumlah pelajar tersebut karena perilaku seks bebas di kalangan remaja setempat.

Sumber: http://www.republika.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5435