Mahasiswa UB Kampanye AIDS ke Teman Sebaya
Tanggal: Friday, 02 December 2011
Topik: Narkoba


okezone.com, 01 Desember 2011

MALANG - Sekelompok mahasiswa di Universitas Brawijaya (UB) Malang memperingati Hari AIDS Sedunia dengan melakukan kampanye bagi-bagi brosur seputar AIDS dan pita merah.

Aksi sosialisasi bahaya AIDS dan penyebarannya ini dilakukan mahasiswa dari program studi Sosiologi dengan mendatangi lokasi-lokasi tongkrongan mahasiswa di kampus, di antaranya taman-taman dan kantin kampus.

Tidak hanya itu, ada juga aksi demonstrasi damai dengan melakukan orasi dan menggelar poster tentang bahaya AIDS. Mereka mengajak rekan sesama mahasiswa untuk berperan aktif memerangi penyebaran AIDS dengan cara tidak menjauhi para penyandang AIDS.

"Pendekatan terhadap kelompok sebaya ini dilatarbelakangi fakta bahwa usia mahasiswa ada pada kelompok umur yang rentan terjangkiti penyakit AIDS karena ketidaktahuan cara penyebarannya," kata koordinator lapangan aksi tersebut, Media Febrianti, di kampus UB, Malang, Kamis (1/12/2011).

Penyakit AIDS berkembang cukup cepat di Indonesia. Data Kementerian Kesehatan menunjukkan, 26.400 orang mengidap penyakit ini, dan 66 ribu orang terjangkit virus HIV. Lebih mengkhawatirkan lagi, 70 persen di antaranya tergolong dalam usia produktif yakni 20–39 tahun.

Jawa Timur adalah provinsi dengan pengidap HIV dan AIDS tertinggi di Indonesia yakni sekira 4.318 penderita. Peringkat kedua adalah Papua, dan DKI Jakarta pada peringkat ketiga.

Tindakan sosialisasi secara langsung ke lapangan seperti yang dilakukan para mahasiswa ini adalah bukti nyata dan lebih efektif, karena langsung kepada kelompok masyarakat yang masih awam tentang penyakit AIDS. Sayangnya, aksi-aksi seperti ini hanya dilakukan sekali dalam setahun yakni tiap 1 Desember saja.(Deny Irwansyah/Sindo TV/rfa)

Sumber: http://kampus.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5452