Rangkul ODHA, Jauhi Virusnya
Tanggal: Friday, 02 December 2011
Topik: Narkoba


Suara Merdeka, 01 Desember 2011

Kawan remaja pasti sudah tahu dong kalau setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Nah, untuk memperingatinya PMI Cabang Kota Semarang menggelar Seminar “Peduli HIV&AIDS di Tempat Kerja”, Kamis 1 Desember 2011.

Acara yang berlangsung di Gedung PMI Cabang Kota Semarang ini dihadiri oleh karyawan, Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR), pelajar dan mahasiswa. PMI Kota Semarang sengaja mengangkat tema tersebut karena dalam kehidupan sehari-hari masyarakat masih mendiskriminasi Orang dengan HIV&AIDS (ODHA). Salah satu contohnya, ODHA yang sedang berobat/periksa ke rumah sakit dipisahkan dan diberikan tempat tersendiri dari pasien lain. Padahal nih, ODHA juga berhak mendapatkan perawatan seperti pasien lainnya.

Dalam seminar tersebut hadir pula Puta Arya Utama, Ketua LSM Peduli Kasih dan Ketua ODHA Jawa Tengah yang bersedia menceritakan kisahnya sebagai ODHA. Awalnya, sewaktu kelas 2 SMA Puta dan teman-teman ditawari rokok oleh seseorang secara gratis. Keterusan, Puta pun memakai narkoba yang juga dikenalkan oleh seseorang yang ternyata Bandar narkoba, Sampai akhirnya Puta pun memakai narkoba suntik. Memang sih, waktu itu belum terasa efeknya baru beberapa tahun kemudian ia mengalami demam tinggi dan sesak napas. Setelah diperiksa, ternyata ia terserang TB (Tuberculosis) dan positif HIV. Wah, seram juga ya kawan!

Puta mengaku kalau dukungan keluarga lah yang membuat dia kuat sampai sekarang. Sebaiknya kita merangkul ODHA bukan malah menjauhi, bahkan mendiskriminasikan mereka. Usai seminar, peserta diajak untuk berkampanye dan membagikan stiker kepada pengendara kendaraan bermotor dan pejalan kaki di sekitar Tugu Muda, Jalan Pahlawan, kawasan Simpang Lima.

Sumber: http://remaja.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5455