Penderita AIDS di Sidoarjo Meningkat
Tanggal: Monday, 05 December 2011
Topik: Narkoba


INILAH.COM, 03 Desember 2011

Sidoarjo - Jumlah penderita Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) di Sidoarjo sudah tahap memprihatinkan. Di wilayah Jawa Timur, Sidoarjo menempati urutan ke-3 setelah Surabaya dan Malang.

Ketua Pusat Informasi dan Konseling-Remaja (PIK-R) Maulana Hasyim Kabupaten Sidoarjo, upaya penanganan seperti penyuluhan terkait bahaya AIDS kepada para remaja ke sekolah-sekolah yang mereka beri nama love and respect for HIV-AIDS, terus digalakkan sampai seterusnya, tidak hanya dalam memperingati hari AIDS saja. "Sasarannya penyuluhan anak-anak sekolah dan juga lainnya," ucap dia, Sabtu (3/12/2011).

Dia mengatakan, pemberian penyuluhan dan wawasan kepada para remaja sangat perlu dan penting. Mereka harus diberikan masuk sebanyak-banyaknya tentang bahaya AIDS dan harus menjauh kapanpun juga. Apalagi, kasus ini di Sidoarjo, penderita kebanyakan usia muda. Penderita AIDS yang terbesar di Kabupaten Sidoarjo didominasi oleh mereka yang berusia antara usia 21 hingga 30 tahun.

“Hampir penderita AIDS di beberapa kecamatan di Sidoarjo, usianya produktif," terang dia.

Berdasarkan data yang ada, hampir tiap tahun ada peningkatan penderita HIV-AIDS atau yang biasa disebut Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) di Kabupaten Sidoarjo.

"Jumlah ODHA pada tahun 2010 sebanyak 463 kasus menjadi 691 kasus pada tahun 2011 ini. Penderita yang banyak Kecamatan Sidoarjo, jumlah ODHA nya 174 kasus, disusul Waru 98 kasus, Candi 59 kasus, Krian 49 kasus dan Taman 46 kasus dan juga hampir semua kecamatan di Sidoarjo, juga ada ODHA-nya," kata dia. [beritajatim.com]

Sumber: http://nasional.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5484