Penyebaran HIV/AIDS di Aceh makin Mengkhawatirkan
Tanggal: Monday, 05 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 03 Desember 2011

BANDA ACEH: Tingkat penularan HIV/AIDS di wilayah Provinsi Aceh sangat mengkhawatirkan. Sejak tujuh tahun terkahir jumlah penderitanya semakin bertambah dan naik hingga puluhan orang setiap tahunnya.

Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Aceh Muhammad Nazar yang juga wakil Gubernur setempat, kepada Media Indonesia, Jumat (2/12) mengatakan sekarang lebih parah lagi penderita tersebar di 21 kabupaten/kota dari 23 kabupaten/kota di provinsi itu.

Sesuai data dari pihaknya, hingga akhir November 2011, jumlah penderita HIV/AIDS di Aceh, sudah

mencapai 108 orang. Angka tersebut cukup mengkhawatirkan bila dibanding pada awal 2000 yang dianggap belum terinfeksi dan tahun 2004 baru ditemukan 1 orang.

Pengidap HIV/AIDS paling banyak berada Kabupaten Aceh Tenggara yang mencapai 14 orang, disusul Kabupaten Aceh Tamiang 10 orang, Aceh Timur 9 orang dan Pidie 9 orang.

"Dari 23 kabupaten/kota di Aceh, hanya Kabupaten Nagan Raya dan Subulussalam yang belum terdeteksi kasus HIV/AIDS," kata Muhammad Nazar.

Dia mengharapkan memerangi HIV/AIDS harus dilakukan salah satunya dengan cara mengamalkan ajaran agama yakni tidak melakukan hal-hal yang terlarang misalnya gonta ganti pasangan dan menjauhkan narkoba. (MR/OL-04)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5492