50 PSK di Cilegon Diduga Terjangkit HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 05 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Berita8.com, 03 Desember 2011

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon, Provinsi Banten, memeriksa sebanyak 50 wanita Pekerja Seks Komersial (PSK) yang terduga HIV/AIDS.

"Kami sudah melakukan pemeriksaan darah terhadap 50 PSK, untuk diketahui apakah PSK itu mengidap HIV/AIDS atau tidak," kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Cilegon Retno Windarwati di Cilegon, Sabtu (3/12/2011).

Dia menjelaskan, saat ini sampel darah milik PSK yang sudah diambil oleh pihaknya telah dikirim ke laboratorium BLK di Jakarta, untuk diketahui, apakah darah dari PSK yang ada tersebut positif HIV/AIDS atau tidak.

"Jadi sampai sekarang kami belum mengetahui, apakah sampel darah yang kita ambil beberapa waktu lalu itu positif atau negatif," katanya menambahkan.

Diakui dia, pemeriksaan puluhan PSK merupakan program dan kegiatan Survei Sero HIV (SSH) yang dilakukan oleh Dinkes Cilegon sebagai upaya menyebarnya virus HIV/AIDS.

"Ini kegiatan rutin yang dilakukan oleh kami, dan kami harap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menekan jumlah HIV di Cilegon," katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Seksi P2PL Dinkes Kota Cilegon, Ratih Purnamasari mengatakan, pengidap HIV/AIDS di Kota Cilegon didominasi oleh laki-laki, hal ini dikarenakan pola hidup yang kurang sehat dan tidak setia terhadap pasangannya.

"Berdasarkan data terakhir yang ada di Dinkes Cilegon, ada 221 kasus HIV/AIDS, dan dari temuan kasus itu lebih dari 50 persen adalah laki-laki," Katanya.

Dia menjelaskan, perilaku hidup tak sehat dan tidak setia pasangan hidupnya, adalah penyebab pertama terbanyak kasus HIV di Cilegon.

"Penyebab paling banyak ditemukan HIV/AIDS karena hubungan seksual," tambahnya.

Faktor kedua, adalah jarum suntik, karena sering berganti-ganti jarum suntik dari pecandu narkoba. "Penularan HIV/AIDS paling banyak kedua dikarenakan dari jarum suntik. Dan umumnya mereka adalah pengguna narkoba," pungkasnya. (ans/aef)

Sumber: http://www.berita8.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5497