KPAD Bentuk Pamali Cegah HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 05 December 2011
Topik: HIV/AIDS


JPNN.com, 04 Desember 2011

BOGOR - Ulama memiliki peran penting dalam pecegahan terhadap penyebaran HIV/AIDS. Tak heran, jika Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kota Bogor, membentuk Pemuka Agama Peduli HIV/AIDS (Pamali).

Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda dari segi agama, jika menggunakan narkoba apalagi melakukan hubungan seks di luar nikah sangat berbahaya dan dilarang oleh agama. Harapannya, agar Pamali yang beranggotakan para ulama ini dapat menjembatani krisis multidimensional yang saat ini menghinggapi kaum muda

“Ada 12 orang pemuka agama yang semuanya adalah para Ulama/Kiayi yang ditugaskan oleh KPAD Kota Bogor untuk memberikan penyuluhan akan bahaya HIV/AIDS. Mereka secara rutin memberikan penyuluhan di Masjid – Masjid dan Musholla di Kota Bogor, “ kata Kepala Bidang Pencegahan, Penanggulangan dan Penyakit Lingkungan (P3KL) pada Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr. Eddy Dharma.

Eddy menyebutkan, tujuan dibentuknya Pamali untuk meringankan tugas KPAD dalam memberikan penyuluhan bahaya HIV/AIDS yang kini semakin merajalela. “Kalau kita yang berkeliling memberikan penyuluhan tidak akan terjangkau semuanya, karena keterbatasan petugas,” ujarnya.

Sedangkan terhadap Komunitas-komunitas seperti pengguna napza suntik (penasun), wanita pekerja seks (WPS), waria, gay, warga binaan pemasyarakatan (WBP), dan lain –lainnya, KPAD Kota Bogor telah menugaskan 60 penjangkau. Mereka bertugas sebagai agen untuk turun ke komunitasnya dan berperan untuk mengarahkan teman-temannya agar menjauhi penularan virus yang sangat berbahaya tersebut.

Selain itu, lanjut Eddy, KPAD Kota Bogor punya 300 Perr Councelor (PC). Mereka adalah para pelajar yang menjadi duta Konselor yang ditugaskan menjangkau teman-teman sebayanya.

Eddy menambahkan, tahun 2012 nanti kita juga akan membentuk Kelurahan Peduli HIV/AIDS. Rencananya Kelurahan peduli HIV/AIDS yang ditunjuk adalah Kelurahan Baranangsiang Kecamatan Bogor Timur. “Kelurahan peduli HIV/AIDS akan melibatkan para kader di Kelurahan, “ tukasnya. (rur)

Sumber: http://www.jpnn.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5509