HIV/AIDS harus jadi perhatian bersama
Tanggal: Monday, 05 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Waspada Online, 04 Desember 2011

P. SIANTAR - Kasus HIV/AIDS di Kota Pematangsiantar sampai Mei 2011 sebanyak 107 kasus, terdiri 27 kasus HIV dan 80 kasus AIDS. Sedang kasus IMS belum ada laporan akurat.

Hal itu disampaikan Kabag Humas dan Protokoler Pemko Pematangsiantar Daniel H Siregar, Sabtu (3/12), berdasarkan laporan Sekretaris Dinas Kesehatan Pematangsiantar Ammar Daulay didampingi LSM peduli HIV/AIDS saat peresmian Klinik Infeksi Menular Seksual (IMS) di Puskesmas Tomuan, Kelurahan Tomuan, Kecamatan Siantar Timur yang dilakukan Wakil Wali Kota Drs. Koni Ismail Siregar, Kamis (1/12).

Siregar menyebutkan, selain peresmian Klinik IMS itu, dalam memperingati Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember 2011, Wakil Wali Kota bersama Waka Polres Kompol Anggi N Siregar, SIK, Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) dan para siswa SLTA melakukan aksi damai dengan membagikan bunga, brosur serta stiker kepada para pengguna jalan di Jalan Merdeka, depan Balai Kota.

Menurut Siregar, aksi damai yang dilakukan itu sebagai upaya meningkatkan pemahaman, komitmen dan kepedulian seluruh masyarakat, termasuk pelaku dunia usaha untuk bersama-sama berpartisipasi dalam penanggulangan HIV/AIDS secara terpadu dan berkesinambungan. “Karena hal itu dinilai penting untuk menekan laju penularan HIV/ AIDS di Indonesia.”

Wali Kota Hulman Sitorus, SE melalui Wakil Wali Kota menyebutkan sejalan dengan tema peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2011, mengandung makna upaya mengatasi epidemi HIV dan AIDS di Indonesia termasuk di Pematangsiantar akan lebih berhasil bila semua komponen masyarakat bersatu dalam upaya penanggulangan dan pencegahannya. “Dalam hal ini dukungan dunia usaha secara keseluruhan sangatlah penting.”

Sementara, Kepala Puskesmas Tomuan dr. Yulana Sara Erika Kurniawati Silitonga yang baru ditetapkan sebagai dokter teladan tingkat Provsu tahun 2011 mengharapkan dengan adanya klinik IMS itu di Pematangsiantar, masyarakat tidak jauh lagi menjalani perobatan.

Sumber: http://www.waspada.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5512