Tiga Tahanan Rutan Manado Dilarikan ke RS
Tanggal: Tuesday, 06 December 2011
Topik: Narkoba


INILAH.COM, 05 Desember 2011

Manado - Rutan Klas IIA Manado ternyata tidak hanya melarikan seorang tahanan ke RSU Prof Kandou Malalayang. Ternyata ada dua lagi tahanan yang terpaksa dirumahsakitkan karena kondisi kesehatan mereka yang kian memburuk.

Kepala Rutan Klas IIA Manado Julius Paat SH ketika dikonfirmasi harian ini, Minggu (4/12), turut membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, selain terdakwa kasus narkotika jenis ganja lelaki RM alias Richard (33) warga Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Minahasa Utara karena terbukti menderita penyakit HIV/AIDS, ada dua tahanan lain yang terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

“Saya terpaksa memerintahkan petugas untuk membawa tiga tahanan ke rumah sakit. Selain terdakwa Richard, terdakwa Aneke Oroh dan satu tahanan lain yang saya lupa namanya,” ujarnya.

Paat mengakui, ketiga tahanan ini belum mendapat surat penetapan pembantaran dari pihak Pengadilan Negeri Manado. Hanya saja karena kondisi kesehatan yang kian memburuk sehingga terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

“Mereka bertiga belum mendapat surat penetapan pembantaran. Tapi jika dibiarkan maka itu akan sangat berbahaya. Maka saya instruksikan petugas membawa mereka ke rumah sakit,” jelasnya.

Menariknya, Paat menyayangkan banyaknya tahanan yang dimasukan ke Rutan padahal sedang menderita penyakit yang sangat serius dan harus mendapatkan perawatan intensif dari tim medis.

“Harusnya tahanan yang dimasukan di sini jangan mereka yang sedang sakit serius. Karena Rutan bukan rumah sakit. Jangan sampai rutan dialihfungsikan menjadi rumah sakit,” tukas Paat mengingatkan. [mor]

Sumber: http://sindikasi.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5545