Sekolah ini Digugat karena Tolak Siswa HIV+
Tanggal: Tuesday, 06 December 2011
Topik: HIV/AIDS


okezone.com, 05 Desember 2011

PHILADELPHIA – Baru-baru ini, kasus siswa yang ditolak sekolah karena terkait penyakit HIV, terjadi di Indonesia. Peristiwa hampir serupa juga terjadi di Pennsylvania, Amerika Serikat. Seorang siswa yang positif mengidap HIV, ditolak sebuah sekolah berasrama, Milton Hershey.

Sekolah beralasan, penolakan siswa 13 tahun tersebut karena masalah keamanan. Buntutnya, orangtua murid pun menuntut sekolah tersebut ke Pengadilan Distrik Philadelphia.

Juru Bicara Milton Hershey Connie McNamara menyatakan, dalam rangka melindungi anak-anak dalam lingkungan yang unik, mereka tidak dapat mengakomodasi kebutuhan siswa pengidap penyakit menular kronis, yang bisa menimbulkan ancaman langsung terhadap kesehatan dan keselamatan orang lain.

"Alasannya sederhana. Kami melayani anak-anak, dan anak tidak dapat diasumsikan untuk selalu bertanggung jawab guna melindungi keselamatan orang lain,” tambah McNamara seperti dikutip dari Reuters, Senin (5/12/2011).

Sebelumnya, sekolah yang didirikan oleh perusahaan cokelat Hershey ini meminta hakim federal agar orangtua murid menimbang keputusan mereka. Namun menurut McNamara, pengacara untuk anak dan ibu tersebut mengambil tindakan dengan mengajukan gugatan.

Sementara itu, pengacara anak di lembaga nirlaba Proyek Hukum AIDS Pennsylvania, berusaha membandingkan tindakan sekolah ini dengan kasus Ryan White. White merupakan anak asal Indiana yang mengidap HIV positif. Dia dikeluarkan dari sekolah menengah pada 1980 karena infeksi. Kasus ini menyebabkan munculnya UU Perawatan Ryan White pada 1990.

Hersey, yang didirikan pada 1909 ini, khusus merawat anak yatim. Mereka bersikeras tidak bisa menerima sang anak karena merupakan sekolah asrama. Di sini, para siswa tinggal di rumah dengan 10 sampai 12 siswa, selama 24 jam sehari serta tujuh hari dalam seminggu.

Milton Hershey merupakan sekolah swasta yang tidak memungut biaya dan diperuntukkan pelajar kurang beruntung. Ia bisa menampung 1.850 siswa mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas.

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah kondisi medis yang melemahkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membuat mereka yang terinfeksi rentan terhadap penyakit mematikan. HIV adalah pendahulu sebelum menjadi AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome. Sejak ditemukan pada awal 80-an, AIDS telah menewaskan sekira 25 juta orang.(rfa)

Sumber: http://kampus.okezone.com



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5547