Penderita HIV/AIDS Ditolak Menghuni Rutan
Tanggal: Tuesday, 06 December 2011
Topik: HIV/AIDS


beritajatim.com, 05 Desember 2011

Gresik - Penderita HIV/AIDS Hendra Suyanto (27) warga asal Jalan Banyurip Lor I/25 Surabaya ditolak menghuni Rutan Banjarsari Cerme setelah menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Gresik terkait dakwaan mencuri helm.

Terdakwa Hendra Suyanto bersama temannya Rio Dwi Putro disidangkan secara marathon di PN Gresik, Senin (5/12/2011). Setelah sidang selesai digelar, terdakwa Hendra yang menghidap penyakit HIV/AIDS tidak bisa dititipkan ke Rutan Banjarsari Cerme. Akhirnya, terdakwa Hendra untuk sementara dititipkan ke tahanan Mapolres Gresik di tempat yang khusus.

Saat kedua terdakwa disidang, jaksa penuntut umum (JPU) Nur Lalila, SH membacakan dakwaan dimana kedua terdakwa pada 13 Oktober 2011 bertempat di rumah korban, Jalan Gubernur Suryo 324 Tlogopojok mengambil helm di dalam rumah.

Sidang dilanjutkan dengan mendengarkan keterangan saksi. Diantaranya, sakksi korban Susilowati. Dalam kesaksiannya, dia mengatakan bahwa helm tersebut memang miliknya yang diambil oleh kedua terdakwa.

Dalam tuntutannya, JPU antara lain menuntut agar majelis hakim yang diketuai Fathul Mujib, SH untuk menghukum keduanya dengan hukuman 2 bulan. Majelis hakim beranggotakan I Gede Saptawan, SH dan Dameria FS, SH akhirnya menvonis kedua terdakwa dengan hukuman penjara dua bulan. Karena terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan melanggar pasal 363 KUHP. "Pihak Rutan Banjarsari Cerme tidak menerima terdakwa dengan alasan takut penyakitnya menular. Proses sidang tetap kami lakukan, namun kami memepercepatnya dengan alasan terdakwa memiliki penyakit tersebut," ujar Fathul Mujib, SH.[dny/ted]

Sumber: http://beritajatim.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5550