Ingat, Telah Ribuan Warga Malang Terjangkit AIDS
Tanggal: Tuesday, 06 December 2011
Topik: Narkoba


beritajatim.com, 05 Desember 2011

Malang - Di Kota Malang, sudah tercatat ada 1.875 kasus HIV/AIDS. Jumlah itu sejak 1997 hingga September 2011. Dari data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Malang menyebutkan, dari 1.875 kasus tersebut, prosentase terbesar ada pada usia antara 25 sampai 49 tahun, yakni sebesar 69,07 persen. Kelompok yang mendominasi mulai usia 20 hingga 24 tahun yang mencapai 19,20 persen.

Hal itu diungkapkan Nunus Indarti, Kepala bidang (Kabid) Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Malang, dalam acara Sarasehan HIV/AIDS yang diselenggarakan di Ruang Sidang Balaikota Malang, Senin (5/12/2011). "Dari angka statistik tersebut, didapat fakta bahwa berdasarkan jenis kelamin, laki-laki mengambil porsi sebesar 66,16 persen, lebih besar dari perempuan yang mencatat angka 33,84 persen," jelasnya.

Nunus bersyukur, karena di tahun 2011 ini, angka tersebut sudah ada penurunan hingga 10 persen dari data yang ada sebelumnya. "Tahun ini, sudah sangat menurun dibanding tahun lalu. Turunnya 10 pesren dari data yang masuk saat ini," katanya tanpa menyebutkan angka.

Lebih lanjut Nunus menjelaskan, sarasehan itu bertujuan untuk melindungi pekerja dan dunia usaha dari HIV dan AIDS. "Itulah tema peringatan hari AIDS Sedunia tahun ini, yang diperingati tidak saja di tingkat nasional, namun juga di daerah," ujarnya.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Malang, bekerjasama dengan Pemerintah Kota Malang. "Pemerintah bersama komponen lainnya untuk mencegah kerugian dunia usaha dan melindungi pekerja dari HIV/AIDS yang salah satunya adalah dengan mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA), baik pada masyarakat pekerja maupun masyarakat pada umumnya," jelasnya.

Hal tersebut katanya, berangkat dari pemikiran bahwa orang yang terdampak atau terkena HIV dan AIDS tetap mendapatkan hak yang sama termasuk hak untuk tetap bekerja secara produktif. "Oleh karenanya itu, tidak ada alasan untuk mendiskriminasikan seseorang dalam pekerjaannya hanya karena seseorang tersebut terkena HIV/AIDS,"katanya.

Lebih lanjut soal data yang dimiliki KPA Kota Malang, situasi penyebaran HIV/AIDS di Kota Malang sejak 1997 sampai dengan September 2011 tercatat 1.875 kasus, dengan prosentase terbesar ada pada usia antara 25 sampai 49 tahun, yakni sebesar 69,07 persen, diikuti kelompok rentang usia 20-24 tahun sebesar 19,20 persen. Dengan Sarasehan ini bisa menekan angka terinveksi HIV/AIDS di Kota Malang pada khususnya dan di Indoensia pada umumnya," katanya. [ain/but]

Sumber: http://beritajatim.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5551