Obat Herbal China Pulihkan Pasien HIV
Tanggal: Tuesday, 06 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 06 Desember 2011

PARA ahli pengobatan tradisional China mengklaim bahwa obat herbal 'Negeri Tirai Bambu' itu telah membantu pemulihan dari setidaknya 17 ribu pasien HIV dan AIDS di China sejak 2004.

Kala berbicara dalam malam Hari AIDS Sedunia, 1 Desember 2011, Wang Jian, Wakil Direktur Pusat Pengobatan Tradisional China untuk Pencegahan dan Pengobatan AIDS dengan Administrasi Negara Pengobatan Tradisional China, mengatakan: "Obat herbal China mampu berperan sebagai suplemen efektif dalam terapi untuk mengurangi gejala AIDS, termasuk demam, batuk, asthenia, dan diare sehingga membuat hidup lebih mudah bagi mereka."

Menurut China Daily, China mulai memberikan pasien AIDS terapi gratis pengobatan herbal di sebuah proyek percontohan yang dilakukan terhadap 2.300 pasien di lima provinsi pada 2004. Pada Oktober lalu, proyek ini telah diperluas ke 19 provinsi.

Terapi pengobatan herbal biasanya diterapkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sebagai pendamping terapi antiretroviral atau untuk pasien yang menderita efek samping dari terapi.

Indikator biologis untuk ini adalah CD4, sejenis sel dalam sistem kekebalan tubuh. Ketika jumlah CD4 mencapai 350 per milimeter kubik atau di bawahnya, pasien akan memerlukan terapi antiretroviral.

Menurut Wang Jian, obat-obatan herbal China bekerja dengan cara yang berbeda dari pengobatan standar ala Barat. Terapi antiretroviral memblokir replikasi virus, tetapi terapi herbal China meningkatkan kekebalan orang tersebut.

Wang mengatakan bahwa pemerintah China telah mengalokasikan 220 juta yuan atau US$34.490.000 untuk penelitian terapi herbal. Upaya lebih lanjut juga akan dilakukan untuk mengembangkan pengobatan yang lebih baik. (Pri/OL-06)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5556