10 Nominator Blogger Kunjungi Lembaga AIDS
Tanggal: Wednesday, 07 December 2011
Topik: Narkoba


VIVAnews, 07 Desember 2011

10 nominator lomba penulisan blog tentang Remaja dan HIV/AIDS - GoVlog telah terpilih. Tahapan selanjutnya mereka lakukan field visit yang akan diadakan selama tiga hari mulai tanggal 6 - 8 Desember 2011 di Bali.

Kesepuluh nominator akan menjalani serangkaian agenda berupa kunjungan ke yayasan-yayasan yang fokus pada penanganan atau penyuluhan HIV dan AIDS.

Kemarin Selasa, 6 Desember 2011, para nominator telah berkunjung ke Yayasan Spirit Paramicitta. Yayasan organisasi non-profit yang berada di bilangan Sesetan Bali ini berfungsi sebagai lembaga payung bagi kelompok-kelompok dukungan sebaya. Visi yang dibawa adalah meningkatkan kualitas hidup orang yang terinfeksi HIV (ODHIV) di Bali.

Yayasan ini memfokuskan kegiatannya pada motivasi ODHA ataupun ODHIV. Direktur Yayasan, Putu Utami Dewi mengungkapkan “Ketika ada kelompok dukungan, mereka bisa bersama, merasa tidak sendiri, secara emosional terdukung.” Pada perkembangannya, Yayasan Spirit Paramacitta berusaha membantu ODHA atau ODHIV agar memiliki mental dan psikologis yang siap terhadap kondisinya. Yayasan ini pun mengarahkan kelompok dukungan sebaya untuk mandiri dan berdaya.

10 orang nominator bersemangat menjalani agenda field visit. Tujuan kegiatan ini agar mereka dapat melihat secara langsung dan diharapkan mendapatkan wawasan baru tentang HIV AIDS. Apa yang mereka lihat, dengar dan catat akan digunakan sebagai penulisan blog paska field visit untuk penentuan 3 orang pemenang utama Go Vlog Aids.

Rabu, 7 Desember 2011, pagi ini, para nominator mendatangi kantor Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali. Di kantor yang beralamatkan Jl. Melati , Denpasar Bali ini nominator disambut oleh Sekretaris KPAP Bali , Made Suprapta. Didampingi dengan Ketut Sukanata (PKBI Bali) dan Ketut Subrata (Dinas Kesehatan), sesi kunjungan ini fokus pada pemaparan data statistik dan penyebaran HIV/AIDS di seluruh kabupaten di Bali.

Di sesi kedua, para nominator akan dibekali dengan kode etik penulisan dan wawancara yang terkait dengan topik HIV. Selaku pembicara adalah Danny Yatim dari HCPI. Wawancara dengan ODHA maupun ODHIV merupakan hal yang sensitif. Butuh pemahaman dan perlakuan khusus terkait dengan psikologis nara sumber. Pada sesi ini, nominator diharapkan dapat menyerap materi, sehingga tidak mengalami hambatan saat melakukan pengambilan data di lapangan.

Field visit merupakan rangkaian kegiatan bagi 10 nominator peserta GoVlog AIDS. Go Vlog AIDS terselenggara dalam rangka menyambut hari AIDS Sedunia pada 1 Desember, hasil kerjasama VIVAnews.com dengan Australian Aid, lembaga pembangunan Pemerintah Australia. Kegiatan ini akan berlangsung sampai 8 Desember 2011. (adi)

Sumber: http://headlines.vivanews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5567