Hindari HIV/AIDS Dengan A-B-C-D-E
Tanggal: Thursday, 08 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Pos Kota, 08 Desember 2011

JAKARTA – Jumlah penderita HIV/AIDS di ibukota terus bertambah. Hingga Juni 2011 tercatat 1.184 orang, di mana 109 penderita di antaranya meninggal dunia. Secara nasional, Jakarta menempati posisi teratas, setelah Papua dan Jawa Barat.

Tentu saja hal tersebut membuat berbagai kalangan prihatin. Dalam rangka penanggulangan penyebaran HIV/AIDS, Pemprov DKI Jakarta menerbitkan regulasi berupa Peraturan Daerah tentang Penanggulangan HIV/AIDS.

“Dari tahun ke tahun kasus HIV maupun kasus AIDS terus meningkat. Sehingga, perlu upaya penanggulangan secara berkesinambungan,” ujar anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Ditian Corrissa, ketika menjelaskan Perda No 5 Tahun 2008 Tentang Penanggulangan HIV/AIDS pada Gelar Perda Dan Komunikasi Tatap Muka Legislatif Dengan Masyarakat di ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan, kemarin.

Ditian juga meminta Komisi Penanggulangan Aids Propinsi (KPAP) DKI Jakarta yang dipimpin Rohana Manggala untuk bekerja lebih maksimal. “Memang penanggulangan HIV/AIDS tidak hanya tanggung jawab eksekutif dan legislatif saja. Seluruh elemen masyarakat harus bersatu padu,” ujarnya.

CEGAH DENGAN ABCDE

Pengamat dari Universitas Indonesia, R. Herlambang, mengemukakan Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Dalam tubuh virus ini terus bertambah banyak sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak sanggup lagi melawan virus yang masuk.

Pencegahan dapat dilakukan dengan formula A-B-C-D-E. Di mana A adalah abstinensia, artinya tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah. B adalah befaithful, artinya jika sudah menikah hanya berhubungan seks dengan pasangannya saja.

Sedangkan C adalah condom, artinya jika memang cara A dan B tidak bisa dipatuhi maka harus digunakan alat pencegahan dengan menggunakan kondom. D Adalah don’t use Drugs (jangan gunakan narkoba) dan E perlu education atau sosialisasi mengenai HIV dan Aids di masyarakat. (guruh/b)

Sumber: http://www.poskota.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5583