Sempat Merantau, 3 Perempuan Bojonegoro Positif HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 12 December 2011
Topik: HIV/AIDS


beritajatim.com, 08 Desember 2011

Bojonegoro – Tiga Warga Bojonegoro positif terjangkit penyakit HIV/AIDS dan harus menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Sosoedoro Djatikusumo.

Tiga perempuan itu masing masing berasal dari Desa Dander, Purwosari dan Tambakrejo yang diketahui sempat merantau ke daerah lain. Artinya, menurut Direktur RSUD, Sunhadi, penderita HIV/AIDS memang merupakan warga yang sudah pernah merantau dan bergonta ganti pasangan.

"Penyebab terjangkitnya penyakit mematikan tersebut kebanyakan adalah Warga Bojonegoro yang pernah merantau ke daerah luar," kata Sunhadi, Kamis (8/12/2011).

Sunhadi menjelaskan, sebelumnya perempuan yang hidup di Desa Dander tersebut pernah bekerja di Daerah Ambon. Lalu warga Purwosari pernah bekerja di Kalimantan dan terakhir warga Desa Tambakrejo, pernah bekerja di Daerah Kupang.

"Saat ini mereka masih menjalani perawatan di ruang isolasi Flamboyan. Rata-rata mereka sudah berumur sekitar 40 tahunan," tambah Sunhadi.

Diketahui sebelumnya, data dari RSUD Bojonegoro, penderita HIV/ AIDS yang dirawat di RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro hingga bulan November 2011, sebanyak 61 orang yang terjangkit virus HIV. Dari 61 adalah, 55 penderita warga Bojonegoro, dan 6 lain dari Kabupaten Tuban dan Lamongan. c Sementara untuk tahun 2010, penderita HIV/aids mencapai 50 orang, dengan rincian sebanyak 45 orang dari Kota Bojonegoro dan 5 orang dari Kabupaten Lamongan dan Tuban.

"Penderita HIV/aids yang meninggal dunia sendiri tahun ini sebanyak 14 orang. Sedangkan untuk 2010 sebanyak 10 orang. Minggu kemarin baru saja ada meninggal satu," tambah Sun Hadi. [uuk/kun]

Sumber: http://beritajatim.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5594