Duh, Tiga Balita Aceh Terinveksi HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 12 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 09 Desember 2011

BANDA ACEH: Sedikitnya tiga bayi dan balita di Aceh positif mengidap HIV/AIDS. Mereka kini berada dalam pengawasan pihak Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan tim kesehatan provinsi. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari KPA provinsi Aceh.

Ketua Sosialisasi HIV/AIDS dari KPA Provinsi Aceh, Dewi Meuthia, Jumat (9/12) mengatakan tiga bocah penderita itu menular dari penderita lain atau orang tuanya.

"Mungkin karena orang tuanya tidak tahu sehingga dia melahirkan bayinya seperti biasa. Padahal, proses tersebut berpotensi besar pada penularan HIV terhadap bayi (dibanding operasi)," kata Dewi, yang juga istri Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar.

Dewi tidak menyebutkan identitas dan daerah asal balita penderita HIV/AIDS itu. Dia mengharapkan kepada masyarakat untuk selalu waspada seperti melakukan hubungan seks dengan aman, pemakaian alat cukur lebih dari satu orang, dan menggunakan jarum suntik narkoba secara bergantian.

Dikatakan Dewi Meuthia, jumlah pengidap HIV/AIDS di Aceh sudak mencapai 102 orang. Kemudian, ada enam lainnya yang sedang proses pemeriksaan. Para penderita itu tersebat di 21 kabupaten/kota dari jumalah 23 kabupaten/kota di Aceh.

Hal ini makin menguatkan bahwa penyebaran virus HIV/ADS sejak 2004 hingga sekarang semakin mengkhawatirkan terjadi di kawasan Provinsi Aceh. Penyakit berbahaya itu menyerang segala usia dan tidak memandang kelas sosial masyarakat. (MR/OL-10)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5596