RSUD Bojonegoro Rawat Tiga Pengidap HIV
Tanggal: Monday, 12 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 09 Desember 2011

BOJONEGORO: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, Jawa Timur merawat tiga pasien Human Immunodeficiency Virus (HIV). Mereka ditempatkan di ruang isolasi Flamboyan dalam kondisi yang lemah.

Tiga perempuan penderita HIV itu berasal dari Kecamatan Dander, Purwosari, dan Tambakrejo. Ketiganya sudah sepekan terakhir ini menjalani perawatan intensif di ruangan isolasi.

Direktur RSUD Bojonegoro Sunhadi mengatakan ketiga pasien HIV itu sedang memang dalam pengawasan dan perawatan. "Kami akan melayani dan menyembuhkan penyakit penyerta seperti pneumonia dan batuk yang dideritanya," terangnya.

Dua pasien berada di dalam satu ruangan. Sementara, satu pasien lagi berada di ruangan terpisah. Ketiga pasien juga tampak ditemani sanak keluarganya yang terlihat memakai masker dan sarung tangan.

Menurut salah satu keluarga pasien, dia baru mengetahui kalau ibunya terjangkit virus mematikan itu sebulan lalu. Semula dari pemeriksaan dokter diketahui kalau ibunya yang pernah bekerja di Ambon menderita penyakit diare.

Tetapi, karena tidak kunjung sembuh akhirnya dia meminta ibunya dicek di laboratorium di rumah sakit. "Saya curiga, berat badannya turun drastis dari 60 menjadi 40 kilogram," ujar perempuan yang enggan namanya disebutkan itu.

Selama berada di Ambon, ibunya sering berganti pasangan. Terakhir, ibunya menikah dengan seseorang ketika berada di Ambon itu setahun lalu.

Data pasien HIV/AIDS selama Januari-November 2011 di Bojonegoro sebanyak 61 orang. Dengan perincian, 55 penderita HIV/AIDS berasal dari Bojonegoro dan 5 pasien berasal dari Tuban, Lamongan, dan Cepu. (YK/OL-04)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5599