Ditemukan 121 Kasus HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 12 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Pontianak Post, 10 Desember 2011

SINTANG--Kepala Dinas Kesehatan Sintang Marcus Gatot Budi mengatakan, Kabupaten Sintang menduduki urutan ke empat kasus penularan virus HIV/AIDS, setelah Kota Pontianak, Sambas dan Singkawang. Sebab itu, masyarakat diminta untuk berprilaku hidup sehat. “Sejak tahun 2006 hingga 7 November 2011 ini sudah ditemukan 121 kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sintang, 90 kasus diantaranya merupakan warga Sintang,” kata Marcus.

Mayoritas penularan virus HIV/AIDS lanjut Marcus, terdapat pada perempuan melalui Pekerja Sek Komersial (PSK). Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Sintang sejak tahun 2006 hingga November 2011, berdasarkan usia 25 sampai 49 tahun berjumlah 63 orang, 20 sampai 24 tahun 20 orang, 15 sampai 19 tahun 6 orang. “Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sintang pertama kali ditemukan di Nanga Pinoh pada tahun 1997, waktu itu Nanga Pinoh belum menjadi Kabupaten Melawi,” jelasnya.

Kepala Teknis Penanganan Penderta HIV/AIDS di Kabupaten Sintang, Sidiq Handanu, mengungkapkan hambatan pencegahan penularan virus penyakit mematikan itu lantaran masih minimnya kesadaran masyarakat. Selain itu ketersediaan pelayanan kesehatan yang konphernship masih terbatas.“Untuk mengetahui status HIV-nya masih rendah. Masih adanya stigma dan diskriminasi masyarakat kepada Odha, serta pengelolaan dan pembiayaan progam juga masih rendah,” tutur dia. Oleh karena itu, Handanu mengatakan senjata ampuh untuk mencegah penularan HIV/AIDS dimulai dari keluarga dengan cara berprilaku hidup sehat. “Dengan hidup sehat saya yakin penularan tersebut tidak akan merambat kemana-mana,” tukasnya.(wah)

Sumber: http://www.pontianakpost.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5600