Ratusan Murid SMA Ikuti Sosialisasi Bahaya HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 12 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Riauterkini, 11 Desember 2011

DURI - PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) Duri bekerja sama dengan UPTD Pendidikan Kecamatan Mandau menggelar Sosialisasi Bahaya dan Penanggulangan HIV - AIDS di Gedung Pertemuan Bathin Betuah Kantor Camat Mandau, Sabtu (10/12/11). Sosialisasi ini diikuti oleh ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

Sebanyak 300 orang siswa siswi ditambah dengan sekitar 30 orang guru serta kalanga umum datang menjadi peserta sosialisasi bahaya dan penanggulangan HIV - AIDS tersebut.

Sosialisasi langsung dibuka oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Mandau, Syamsul Bahari. Tampak hadir dari pihak manajemen PT CPI Duri Syaifuddin Abdullah, Manager PGPA Bekasap Duri serta Winda. Dan Kus Dwi Hartono, Team Manager OPH Health and Medical Sumatera Operation. Sementara mewakili Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Mandau, Idrus.

Sementara itu Kus Dwi Hartono dalam penjelasannya menyebutkan HIV adalah virus penyebab AIDS. HIV menyerangsistem kekebalan tubuh (sel darah putih), sehingga orang yang telah terinfeksi HIV mudah diserang berbagai penyakit yang dapat mengancam hidupnya.

Siapa pun dapat tertular HIV jika berperilaku beresiko. Penampilan luar bukan jaminan bebas HIV. Orang dengan HIV positif sering terlihat sehat dan merasa sehat. Jika belum melakukan tes HIV, orang dengan HIV positif tidak tahu bahwa dirinya sudah tertular HIV dan dapat menularkannya kepada orang lain. Dan hanya tes HIV adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan kepastian tertular HIV atau tidak.

HIV menular melalui menggunakan jarum suntik secara bergantian, bekas pakai dan tidak steril. Kemudian hubungan seks yang berganti-ganti pasangan serta dari ibu ke bayi melalui proses hamil, melahirkan dan menyusui. HIV tidak dapat menular melalui gigitan nyamuk atau serangga lain, bersalaman, pelukan atau pun berciuman. Dan tidak dapat juga menular melalui berenang bersama, terpapar batuk atau bersin, memakai toilet bersama dan berbagi makanan atau menggunakan alat makan bersama. "Penularan HIV dapat dicegah dengan tidak melakukan seks bebas. Bersikap saling setia dengan pasangan. Cegah dengan memakai kondom dan tidak menjadi pemakai narkoba suntik," Demikian anjuran Team Manager OPH Health and Medical Sumatera Operation, Kus Dwi Hartono.***(hen)

Sumber: http://www.riauterkini.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5605